Kanal

Ada Hujan Garam di Riau

http://asatunews.com/sites/default/files/styles/large/public/articles/hujan4.jpg?itok=Go38Mawe
Ilustrasi/Net
INHILKLIK.COM, Pekanbaru - Setelah dua pekan dilanda kemarau, Riau dijatuhi hujan. Namun Hujan yang jatuh  airnya berasa garam (asin)  yang melanda  sebagian ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru, Jumat  (28/3) pukul 22.40-23.00 WIB.

"Airnya terasa asin seperti garam," kata Melia (30), seorang ibu rumah tangga warga Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Jumat (28/3)

Warga mengharapkan hujan dengan intenitas sedang itu segera "membersihkan" udara dari polusi kabut asap yang telah melanda sebagian besar ibu kota provinsi sejak beberapa bulan terakhir.

Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau menyatakan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak pagi hingga sore telah menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk hujan buatan dengan menaburkan enam ton garam.

Penyemaian itu dilakukan oleh dua pesawat yakni Pesawat Herkules dan Cassa yang didatangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut data tersebut, pesawat Hercules telah melakukan penyemaian sebanyak satu kali sorti dengan kapasitas muatan lima ton garam. Sementara pesawat Cassa hanya menyemai garam sebanyak satu ton atau satu kali sorti.

Penyamaian hujan buatan dilakukan Tim BPPT di tiga daerah meliputi Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis serta Rokan Hilir. | antara
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER