Kanal

Gandeng Puskesmas Kempas, Babinsa Danau Pulau Indah Lakukan Pencegahan DBD

INHILKLIK.COM, KEMPAS - Guna mencegah terjadinya penyakit Demam berdarah Babinsa Danau pulau Indah Koramil 03/Tempuling  Sertu Sukijan bekerja sama dengan Postu Puskesmas Kec Kempas melaksankan penyemprotan pogging nyamuk di wilayahnya belum lama ini.

Hal tersebut dilakukan mengingat Masih banyak masyarakat yang menganggap fogging sebagai pencegahan penyakit khas negeri tropis dengan demam berpola 'tapal kuda' ini. "Demam berdarah Dengue (DBD) masih mewabah, apalagi di musim yang tak menentu seperti sekarang ini," Ungkap Sertu Sukijan

Tidak hanya itu iya juga menerangkan, DBD merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang penularannya disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. 

"Oleh karena itu, langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran DBD adalah dengan memotong siklus penyebarannya dengan memberantas nyamuk tersebut, Pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti sebagai vektor penular DBD dapat dilakukan dengan cara Fogging, yaitu pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa,"paparnya lagi.

Selain melakukan pogging pihak Puskesmas dan Babinsa Sertu Sukijan melakukan pencegahan dan pembunuhan nyamuk dengan cara Abatisasi, yaitu penaburan abate dengan dosis 10 g untuk 100 liter air pada tampungan air yang ditemukan jentik nyamuk serta Penyuluhan 4M, penggerakan masyarakat dalam PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 4M, yaitu menguras, menutup tampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk dan memantau. (*)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER