Kanal

Ternyata, Abrasi Teluk Medan Enok Hancurkan 27 Rumah

Sisa longsor (Foto: Dian Prtama)
Enok (Inhilklik) - Data terbaru yang diterima, jumlah rumah yang hancur dalam musibah abrasi Kelurahan Teluk Medan, Kecamatan Enok, Sabtu (1/2/14) lalu sebanyak 27 unit.

Penegasan ini dilaporkan Lurah Teluk Medan A. Rani. dalam musibah ini memang sebanyak 27 unit rumah hancur. "Bahkan, 19 di antaranya hanyut tak bersisa. Dalam musibah ini 81 jiwa kehilangan tempat tinggal," sebut A Rani di hadapan Bupati Inhil M Wardan, Senin (3/2/14) di Masjid Al-Muttaqin, Kelurahan Teluk Medan.

Ia menyampaikan, bantuan dari berbagai pihak terus mengalir kepada korban, termasuk dari Pemkab Inhil. Seperti diberitakan sebelumnya, warga setempat mengaku, sebelum terjadinya musibah longsor ini, telah tampak tanda-tanda rekahan tanah di sepanjang kawasan rawan longsor ini, sehingga warga telah bersiap-siap dan mengemas barangnya mengantisipasi terjadinya terban.

"Sebelumnya kami telah melihat adanya retakan tanah di sini, biasanya kalau seperti ini akan terjadi longsor, maka kami sudah berkemas-kemas," ujar Anjar, warga Teluk Dalam, Ahad (2/2/14).

Bupati Tinjau Langsung Korban Abrasi Teluk Medan

Bupati Inhil HM Wardan serahkan bantuan kepada korban longsor
Bupati Inhil M Wardan langsung meninjau korban abrasi di Kelurahan Teluk Medan, Kecamatan Enok. Ia juga menyerahkan bantuan dan meminta para korban bersabar atas musibah ini. 

Dalam peninjauan ini, bupati didampingi Ketua DPRD Inhil, Dandim, Kapolres, Ketua Pengadilan Agama dan beberapa pejabat Pemkab Inhil. 

"Saya menyampaikan keprihatinan mendalam atas musibah abrasi ini. Musibah ini jangan diratapi, tapi jadikan sebagai penguji iman kita kepada Yang Maha Kuasa," pesannya di hadapan warga dan para korban saat menyerahkan bantuan Pemkab Inhil yang dipusatkan di Masjid Al-Muttaqin, Kelurahan Teluk Medan.

Dalam musibah ini, Pemkab Inhil melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial Inhil, menyalurkan berbagai kebutuhan pokok dan keperluan sehari-hari, di antaranya 150 kg beras, puluhan lembar selimut, dan peralatan dapur. 

"Saya mengharapkan bantuan yang terus berdatangan ini, dapat dikelola dengan amanah. Salurkan bantuan ini ke saudara kita yang memang membutuhkan," tegasnya. 

Lurah Teluk Medan A Rani dalam laporannya menyebutkan, musibah abrasi ini telah menghancurkan 27 unit rumah, 19 di antaranya hanyut tak bersisa, serta mengakibatkan 81 jiwa kehilangan tempat tinggal. 

Terangnya, kesedihan para korban sedikit dihibur dengan terus berdatangannya bantuan dari berbagai pihak, termasuk yang disalurkan Pemkab Inhil hari ini. 

"Untuk itu kami sangat berterima kasih atas sumbangan-sumbangan yang kami terima", ujarnya dengan nada haru. (*)




Source: riauterkini.com
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER