Kanal

Bupati Inhil Canangkan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon

http://riaufakta.com/wp-content/uploads/2013/12/IMG_20131216_212424-640x330.jpgTembilahan (Inhilklik) – Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan melakukan pencanangan Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon, Senin (16/12) yang dipusatkan di Markas Kwarcab 0402 Gerakan Pramuka Inhil, Jalan Soebrantas Tembilahan.

Disampaikan bupati menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mebangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon, dalam rangka membangun ekosistem hutan untuk memperbaiki, merehabilitasi dan merestorasi hutan dan lahan.

“Saya optimis, apabila gerakan penanaman satu milyar pohon sebagai upaya membangun ekosistim hutan, kita lakukan terus menerus dengan jenis pohon yang tepat, maka kualitas lingkungan hidup akan meningkat, yang berdampak positif bagi kecukupan air bersih, ketahanan pangan dan ketahanan energi terbarukan,” tutur Bupati, HM Wardan membacakan sambutan Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan.

Oleh karena itu, kepada pihak-pihak yang melakukan penanaman perlu berkonsultasi dengan para penyuluh kehutanan di seluruh tanah air, untuk pemilihan jenis pohon yang tepat agar tidak berdampak kekeringan pada sumber mata air.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang peduli dalam mensukseskan HMPI dan BMN, yang diwujudkan dalam bentuk Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon. Sehingga, kita dapat mewariskan hutan yang lebih baik dan terawat kepada generasi yang akan datang,” ujar bupati.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Inhil, HM Thaher berharap melalui momen pencanangan tersebut, masyarakat dapat ikut secara bersama-sama melakukan penanaan dan memelihara pohon yang ada, serta tidak melakukan penebangan pohon sembarangan, apalagi yang dilarang oleh Undang-undang.

“Nantinya, kita akan mendistribusikan bibit pohon ini kepada kelompok organisasi masyarakat, oragisasi wanita, dinas dan instansi, serta sekolah dan pihak kecamatan, yang mau ikut melakukan penanaman,” sebutnya.

Adapun jumlah bibit pohon yang telah disiapkan oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Inhil, yakni sebanyak 24.000 batang, terdiri dari bibit pohon jenis ketapang, jengkol, sirsak, mangga, jabon dan jambu. (*)




Source: riaufakta.com
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER