Kanal

BP2KP Inhil Gelar Pelatihan Bagi Gapoktan


Tembilahan (Inhilklik) - Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hilir, menggelar pelatihan bagi para pengurus Gabungan Kelompok Tani penerima dana Bantuan Langsung Masyarakat Pengembangan Usaha Agrobisnis Perdesaan tahun 2013, Selasa (3/12).

Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Kemuning Muda Tembilahan ini, diikuti sebanyak 40 pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kabupaten Inhil, dengan narasumber dari UPT Balai Tanaman Pangan dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau, serta Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Inhil.

“Pelatihan ini, bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada seluruh pengurus Gapoktan, sehingga mereka mampu mengatur dan menggunakan dana Bantuan Langsung Masyarakat Pengembangan Usaha Agrobisnis Perdesaan (BLM-PUAP) yang telah diberikan dengan baik dan sesuai aturan,” tutur Kepala BP2KP Kabupaten Inhil, R Indrajaya melalui Sekretaris, Ramdani.

Dijelaskan Ramdani, dana BLM-PUAP tersebut, seharusnya dapat dipergunakan untuk menambah asset yang ada, agar dari dana yang telah diberikan tersebut bias terus meningkat setiap tahunnya.

“Kita minta seluruh pengurus Gapoktan tidak melakukan pemalsuan data yang ada di lapangan. Karena setiap bulan atau per triwulannya, pengurus Gapoktan harus membuat laporan yang tertib dan diserahkan kepada BP2KP Kabupaten Inhil,” terangnya.

Selanjutnya, untuk lebih tertib dalam administrasi, ditegaskan Ramdani, bahwa pihaknya akan melakukan register terhadap seluruh Gapoktan yang ada di Kabupaten Inhil. Sehingga, Gapoktan tersebut tidak hanya ada ketika penerimaan dana BLM-PUAP saja. Selain itu, ia juga mengharapkan seluruh Gapoktan memiliki kantor operasional sendiri, agar pengelolaan dana BLM-PUAP dapat dilakukan secara maksimal dan terarah.

“Saya harapkan semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Kemudian, dari penjelasan para narasumber nanti, lakukan evaluasi terhadap masing-masing Gapoktan, apa yang telah dilakukan selama ini dan dirasa masih kurang harus lebih ditingkatkan lagi. Sehingga, setiap Gapoktan yang ada bisa lebih baik dan meningkat setiap tahunnya,” imbuhnya.(adv/fd)




Source: utusanriau.com
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER