Kanal

Diskes Inhil Sudah Distribusi Diskes Inhil Sudah Distribusi Obat Filariasis

Tembilahan (Inhilklik) - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, saat ini mulai melakukan Pemberian Obat Massal Pencegah Filariasis tahap II, bagi masyarakat yang sebelumnya sudah mengikuti program tersebut.

“Kita sudah mulai melakukan pendistribusian obat tersebut. Jadi, tinggal bagaimana strategi Pusesmas yang ada di daerah masing-masing, dalam menyalurkan obatnya ke masyarakat,” tutur Kadis Diskes Inhil, Rasul Alim.

Dijelaskannya, sebelum melakukan pendistribusian obat pencegah filariasis atau yang lebih dikenal dengan penyakit kaki gajah ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi, yang meliputi rencana distribusi, serta pelatihan kader yang bertugas melakukan pemberian obat.

“Supaya saat pendistribusian di lapangan bisa lebih efisien dan tepat sasaran. Petugas dari masing-masing Puskesmas melakukan pendataan dan sosialisasi terlebih dahulu. Sehingga, pelaksanaan program ini berjalan dengan maksimal,” terangnya.

Lebih lanjut Rasul mengatakan, sejak dimulainya program Pemberian Obat Massal Pencegah (POMP) Filariasis pada tahun 2012 lalu, hingga saat ini progresnya sudah mencapai sekitar 70 persen. Sedangkan, sisanya adalah masyarakat yang belum bersedia mengkonsumsi obat tersebut.

“Untuk targetnya, pemberian obat ini dimulai dari Bulan November hingga Desember nanti. Namun, bisa saja terus berlanjut pada Januari 2014 mendatang, karena semua tergantung dari kondisi di lapangan,” imbuhnya. (*)




Source:  mediacenter.riau.go.id 
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER