Kanal

Irak Pupuskan Harapan Timnas Indonesia

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/11/19/230075_timnas-indonesia-vs-irak-di-kualifikasi-piala-asia-2015_663_382.jpg
Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Asia 2015 (VIVAbola/Anhar Rizki Affandi)
Inhilklik.com - Harapan Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia 2015 harus terhenti setelah dikalahkan Irak 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 19 November 2013. Meski masih menyimpan satu laga, Indonesia dipastikan gagal.

Dengan kekalahan ini, Indonesia tak beranjak di dasar klasemen Grup C kualifikasi Piala Asia 2015. Indonesia hanya meraih sebiji poin dari lima laga yang telah selesai digelar. Sedangkan Irak juga tak beranjak di posisi ketiga dengan torehan 6 poin.

Menjamu Irak, Indonesia awalnya tampil agresif. Di 10 menit awal pertandingan, Indonesia bahkan sempat mengurung pertahanan Irak. Beberapa peluang tercipta termasuk aksi tusukan Zulham Zamrun di sisi kiri pertahanan Irak. Namun sayangnya umpan tarik Zulham mampu dibaca pertahanan Irak.

Pelan namun pasti Irak mampu lepas dari tekanan. Bahkan tim besutan Hakeem Shaker berhasil unggul 1-0 pada menit 26. Umpan matang Ali Adnan Kadhim dari sisi kanan pertahanan Irak berhasil disambut tandukan Hammadi Ahmed.

Tak butuh waktu lama bagi Irak untuk dapat menggandakan keunggulan. Pelanggaran yang dilakukan M Robi terhadap pemain Irak harus berbuah penalti di menit 30. Kerrar Jasim yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan I Made Wirawan. Irak unggul 2-0.

Sadar skemanya tak berjalan, pelatih Jacksen F Tiago melakukan beberapa perubahan termasuk memasukkan Supardi dan Titus Bonai menggantikan Beny Wahyudi dan Zulham Zamrun.

Indonesia sebenarnya memiliki peluang emas di akhir-akhir babak pertama lewat sepakan Boaz Solossa. Sayangnya arah bola masih melenceng dari sasaran. Skor 2-0 untuk keunggulan Irak ini bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Indonesia juga kembali tampil agresif. Namun lagi-lagi permainan tenang barisan pertahanan Irak cukup efektif meredamnya. Jual beli serangan terjadi sepanjang babak kedua.

Indonesia punya peluang emas di menit 54. Sayang umpan silang Supardi ke mulut gawang Irak gagal disambut Titus Bonai. Pelatih Indonesia mencoba memasukan Ahmad Bustomi di pertengahan babak kedua. Namun usaha itu juga tak membuahkan hasil. Skor 2-0 untuk keunggulan Irak akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Di pertandingan terakhir yang tak lagi menentukan, Indonesia akan tandang ke markas jawara grup, Arab Saudi, pada 5 Maret 2014.

Susunan Pemain
Indonesia: I Made Wirawan, Fachruddin, M Roby, Beny Wahyudi, Ruben Sanadi, Raphael Maitimo, Ahmad Jufriyanto, Taufiq, Boaz Solossa, Zulham Zamrun

Irak: Mohammed Farhan, Saif Hashim, Mohammed Arebat, Ali Adnan Kadhim, Salam Shakir, Ali Erhaima, Ala'a Abdulzehra, Humam Faraj, Hammadi Abdullah, Mohanad Karrar, Kerrar Jasi. (VIVA)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER