Kanal

Disnakertrans Inhil Gelar Pembekalan Usaha Kecil

Usaha kecil industri rumah tangga (Foto: Internet)
Tembilahan (Inhilklik) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir, menggelar pembekalan kegiatan usaha kecil dan permagangan, Selasa (29/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Jalan Keritang Tembilahan ini, dalam rangka menyediakan tenaga kerja yang siap pakai bagi dunia usaha, khususnya di Kabupaten Inhil. 

Kepala Disnakertrans Kabupaten Inhil, melalui Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Rainir Laputolo mengatakan, tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting dalam proses pencapaian hasil usaha, baik itu jenis usaha yang bergerak di bidang jasa, industri, rumah tangga maupun usaha perdagangan.

“Karena itu, sangat perlu adanya pengetahuan dalam pemanfaatan tenaga kerja, dengan menghendaki adanya perimbangan terhadap volume pekerjaan yang ada,” tutur Rainir.

Selanjutnya ia berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan cermat dan teliti. Sehingga, nantinya memperoleh pekerjaan di tempat yang lebih baik dan mendapatkan penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup masing-masing.

“Kita juga mengimbau, pihak pemberi kerja atau pengusaha agar lebih memperhatikan kemampuan dan keahlian tenaga kerja. Sehingga, penghasilan yang diberikan kepada pekerja sesuai dengan standar upah, yang telah ditetapkam oleh Disnakertrans,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Saaluddin menjelaskan, pembekalan kegiatan usaha kecil dan permagangan ini, diikuti sebanyak 10 peserta, yang berasal dari pencari kerja dan pekerja pemula usaha kecil dalam wilayah Kecamatan Tembilahan.

“Kegiatan ini bertujuan, untuk memberi bekal pelatihan kewirausahaan, dan motivasi usaha bagi peserta, serta memberi ilmu pengetahuan tentang usaha kecil dan permagangan. Selain itu, juga dimaksudkan untuk memberi pengetahuan tentang ilmu ketenagakerjaan dan motivasi kerja, baik itu kemauan, semangat dan kerja keras,” terangnya. (*)




Source: haluanriaupress.com
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER