Kanal

Kepiting di Mandah Sudah Lanka

Kepiting (Foto: Int)
Mandah (Inhilklik) - Sejumlah nelayan yang ada di Kelurahan Khairiah Mandah Kec. Mandah yang kesehariannya menagkap kepiting menggunakan alat tangkap tradisional berupa lokah dan pento mengeluhkan langkanya makanan laut tersebut.

Hewan laut yang memiliki nama latin Brachyura tersebut kini sudah mulai sulit ditemukan di sekitar wilayah mandah, Indragiri Hilir.

Talib (47) salah seoarang nelayan kesehariannya menankap kepiting mengatakan dirinya sudah sulit untuk mendapatkan kepting, "Saya yang kesehariannya menangkap kepiting merasa sangat sulit untuk mendapatkan kepiting, hal ini di sebabkan karena kepiting sepertinya sudah langka sangat amat sulit didapatkan" Ungkapnya kepada inhilklik, Selasa (19/10/13).

"Tidak seperti dulu lagi, yang dulu nya kepiting 4-7 kilo mudah di dapatkan sekarang jagan 2-3 kilo 1 kilo saja sudah sulit di   dapatkan," tambah Talib.

Hal senada juga diungkapkan Udin, menurutnya kesulitan dalam mendapatkan kepiting perlu di antisipasi, kelangkaan dan sulitnya mendapatkan kepiting di Kec. Mandah membuat sejumlah pembeli harus memesan terlebih dahulu jauh jauh hari dengan penampung kepiting yang ada.

"Jika maslah ini lambat di antisipasi kami takut kepiting di laut Kec. Mandah ini akan punah, tentunya hal ini membuat resah" tutur Udin.

Udin berharap  kepada pemerintah untuk dapat menganbil tindakan yang tepat untuk mengatasi sulit nya para nelayan yang keseharaian nya menagkap kepiting. (mwr)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER