Kanal

Keropos, Tiang PLN di Tembihalan Hulu Timpa Mobil

Akibat sudah kropos, taing listrik tersebut timpa mobil (Foto: detikriau.org)
Tembilahan (Inhilklik) - Akibat keropos, satu tiang PLN di kawasan Parit 6 Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu rubuh ke arah badan lintas Provinsi Tembilahan-Rumbai, Ahad (27/10) sekitar pukul 12.00 WIB dan menimpa satu unit mobil pick up yang sedang parkir.

Menurut keterangan warga sekitar kondisi tiang tersebut memang sudah miring hingga beberapa derajat, akibat ada di beberapa bagian yang mulai keropos karena dimakan usia. 

Namun sampai tiang itu rubuh, belum ada upaya nyata pihak terkait untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi hal demikian.

Di lokasi yang berdekatan juga satu papan reklame juga rubuh dan menimpa satu unit mobil truk. Kejadian itu tidak terlalu menyita perhatian masyarakat, karena posisinya tidak berada sekitar jalan. 

Mengenai tiang listrik yang rubuh, kabelnya dikabarkan sempat mengenai pengendara yang kebetulan sedang melintas, namun tidak sempat mencederai dirinya.

Diakui Mahat, pemilik mobil yang ringsek tertimpa tiang listrik, jauh sebelum kejadian ini masyarakat sekitar mengkhawatirkan hal itu. 

Namun apa yang mereka bimbangkan selama ini akhirnya terjadi juga. Akibat kejadian itu Mahat mengaku mengalami kerugian yang tidak sedikit. Selain rusak, mobilnya juga tidak bisa beroperasi seperti biasa untuk mengangkut material bangunan.

‘’Kita minta pihak PLN bertanggung jawab atas masalah ini. Saya sudah rugi hingga berkali-kali lipat. Seharusnya mobil saya ini bisa beraktivitas, namun setelah kejadian ini sama sekali tidak bisa berbuat apa-apa,’’ keluhnya.

Senada dengan Raja Rusli, seorang warga yang rumahnya persis di depan lokasi tumbangnya tiang listrik itu. Dia menilai musibah tumbangnya tiang listrik itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan angin ataupun kondisi alam. 

Melainkan memang kondisi tiang PLN yang sudah tua. Sehingga di dalamnya juga ada unsur kelalaian dari pihak terkait.

‘’Setahu kami yang sudah lama tinggal di sini, belum pernah ada penggantian tiang listrik yang umumnya sudah mulai keropos,’’ tegasnya. 

Camat Tembilahan Hulu, HM Yusuf Maga merasa terkejut atas peristiwa itu. Dia meminta pihak PLN segera menginventarisir seluruh tiang-tinag PLN yang ada sepanjang jalan. 

Dengan pendataan demikian, pihak PLN menurut camat dapat mengetahui mana kondisi tiang yang masih kuat dan yang perlu diganti.

‘’Sebelum ada kejadian serupa, kita berharap pihak PLN segera mendata tiang-tiang yang ada di kiri kanan jalan. Kalau memang ada yang sudah aus bisa secepatnya dilakukan penggantian,       

Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Zaidir membenarkan satu unit tiang listrik milik PLN yang terdapat di Parit 6 Tembilahan Hulu, rubuh ke arah badan jalan. 

Namun akibat kejadian itu tidak sempat menimbulkan korban jiwa. Karena saat peristiwa itu terjadi dalam keadaan hujan sehingga tidak ramai pengguna jalan melintas.

‘’Benar saat itu dalam keadaan hujan dan berangin sehingga satu tiang rubuh ke  jalan. Kita juga bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,’’ jelasnya.

Kepala PLN Tembilahan, Budi membenarkan bahwa salah satu tiang di kawasan itu rubuh. Tetapi pihaknya belum mengetahui secara pasti apakah penyebab dari rubuhnya tiang PLN di sana. 

Dalam waktu dekat ini pihaknya akan langsung melakukan pendataan terhadap tiang-tiang yang sudah berusia lama. ‘’Sampai saat ini petugas kita tengah melakukan pembersihan di sekitar lokasi,’’ jawab Budi. (*)




Source: riaupos.co
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER