Kanal

Upaca HSP digelar di Lapangan Gajah Mada Tembilahan

Bendera merah putih (Foto: Int)
Tembilahan (Inhilklik) - Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 85 yang jatuh pada Senin (28/10) dilaksanakan di Lapangan upacara Gajah Mada Tembilahan dimana turut hadir dalam acara tersebut pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Pejabat Sipil, TNI, Polri, Ketua Organisasi Pemuda dan Mahasiswa, Pramuka, Karang Taruna serta para pelajar yang menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Adapun peringatan HSP kali ini mengangkat tema Mewujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif, dan Berprestasi dimana tema ini secara khusus mengandung pesan bahwa saat ini kita memerlukan figur-figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi. Pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, menghormati yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda, serta peduli terhadap sesama. 

Kepala Pengadilan Negri, Jhoni Witanto SH MH saat membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahrga Republik Indonesia (RI), KRMT Roy Suryo mengikrarkan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa untuk mengenang tekad pemuda Indonesia yaitu SATU TANAH AIR, Tanah Air Indonesia, SATU BANGSA , Bangsa Indonesia dan SATU BAHASA, Bahasa Indonesia.

“Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan, agar semangat yang terkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini, untuk menggapai kejayaan bangsa dimasa depan agar dapat hidup sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Secara khusus momentum peringatan HSP tahun ini diarahkan untuk tonggak pembangunan karakter Bangsa,” jelas Jhoni.

Diterangkannya  berdasarkan tema HSP kali ini maka upaya untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi haruslah dijadikan sebagai komitmen kolektif bangsa, ini manifestasi dari semangat dan jiwa Sumpah Pemuda. 

“Melalui peringatan HSP tahun ini, kita berharap agar bangsa ini kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah di ikrarkan oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia. 

Semoga bangsa Indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini,” tutupnya. (rhw)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER