Kanal

Komandan Taliban Ditangkap AS

http://img.okeinfo.net//content/2013/10/12/413/880709/KEboTJLZRz.jpg
Komandan Taliban Latif Mehsud. (Foto: Al Jazeera)
Washington (Inhilklik) - Militer Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menangkap komandan senior milisi Taliban Pakistan, Latif Mehsud. Tetapi militer AS masih menolak menjelaskan kapan penangkapan tersebut terjadi.

Juru Bicara Militer AS, Marie Harf, pada Jumat 11 Oktober hanya memberi keterangan tentang ditangkapnya komandan Taliban ini. Meshud diketahui juga melancarkan serangannya di Afghanistan.

Selain itu, Meshud juga merupakan komandan senior dari kelompok Tahreek-E-Taliban Pakistan (TTP). Kelompok TTP pun telah mengonfirmasi penangkapan Mehsud. Hanya saja, mereka menolak pemberitaan jika tentara AS-lah yang menangkap Mehsud.

Menurut mereka, militer Afghanistan yang telah menangkap Mehsud di perbatasan Ghulam Khan, sebelah timur Provinsi Khost pada 5 Oktober 2013.

Mantan Menteri Pertahanan AS dan Anggota Senior Pusat Kemajuan AS, Larry Korb, menyatakan penangkapan wakil pemimpin TTP ini tidak akan membantu hubungan AS-Afghanistan.

"Presiden (Afghanistan) Karzai menginginkan komandan Afghanistan digunakan sebagai bahan negosiasi, jadi penangkapan ini tidak berguna apapun," ujar Korb, seperti dikutip dari Al-Jazeera, Sabtu (12/10/2013).

"Menurut pengalaman saya, (Karzai) sangat senang dengan George Bush karena mereka berdua banyak berdialog. Meskipun Obama menaruh banyak pasukan, tetapi (Obama) tidak banyak berbicara dengan Karzai," tambah Korb.

Korb berharap semua pelaku tindakan terorisme di Afghanistan ditangkap dalam kondisi hidup, sehingga nantinya bisa dilakukan interogasi. Di samping itu, penangkapan hidup-hidup akan mencegah jatuhnya korban sipil. (okezone)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER