Kanal

BAB Berwarna Hitam, Waspada Kanker Usus Besar

http://img.okeinfo.net/content/2013/10/12/482/880778/W7d2aNrI4O.jpg
Ilustrasi/Okezone
Inhiklik.com - Meski diagnosis kanker usus besar hak mutlak dari seorang dokter tetapi sebenarnya kita bisa mendeteksi penyakit itu sejak dini. Kenali gejalanya lebih awal agar bisa diobati lebih lanjut.

Ada beberapa kondisi yang bisa dicurigai sebagai kanker usus besar. Menurut dr. Wifanto Saditya Jeo, SpB-KBD, dokter ahli Digestive Surgery,  seseorang bisa mencurigai bila ia saat melakukan buang air besar (BAB) tidak normal dan kondisi itu sudah berlangsung sejak lama dan tak juga hilang.

"Kita bisa mendeteksi dari feses atau kotoran. Bila kotoran yang keluar berwarna darah atau hitam. Dan bila suatu saat mengalami hal itu, itu sudah tanda-tanda. Segeralah langsung datang ke dokter untuk memastikan apakah kondisi itu akibat tumor yang berkembang di dalam usus,"katanya dalam acara yang bertema Updates & Strategies Emergency Colonic Surgery di RS. MRCCC Siloam Hospital Semanggi, lantai 36, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2013).

Bila seseorang memiliki riwayat keluarga mengalami kanker disarankan untuk melakukan screening sejak dini untuk bisa mencegah sel kanker muncul di masa depan.

"Bila orangtua kita memiliki riwayat kanker, disarankan untuk seseorang, meski masih muda, melakukan pemeriksaan sejak dini. Pasalnya, faktor risiko ia bakal mengidap kanker usus besar sangat tinggi dibanding orang normal," terangnya. (okezone)


Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER