Kanal

Infrastruktur Inhil Utara Jadi PR Bupati Baru

http://www.halloriau.com/foto_berita/73BUPATI%20INHIL.jpgTembilahan (Inhilklik) - Melihat masih minimnya sarana dan prasarana, seperti jembatan penghubung dan jalan darat, maka wilayah Indragiri Hilir Bagian Utara dinilai sangat membutuhkan sarana tersebut untuk membuka isolasi daerahnya.

Satu-satu sarana yang dipergunakan warga di wilayah tersebut dalam memasarkan hasil buminya adalah lewat jalur perairan. Selain berat, jalur perhubungan ini tidak dapat setiap saat diakses, karena tergantung pada pasang surutnya air.

Kondisi itupun harus menjadi pekerjaan rumah (PR) pengganti Bupati, H Indra M Adnan nantinya. Sebab, tanpa adanya akses penembus isolasi, wilayah Inhil Utara ini diperkirakan akan tertinggal dibanding wilayah lainnya.

''Kalau di Bagian Selatan sudah ada jembatan penghubung. Namun, untuk saudara kita yang di wilayah Utara masih belum ada sarana penghubung. Inilah yang menjadi perhatian kita,'' tutur Bupati.

Dijelaskannya, Jalan high way Bandara Tempuling-Mandah yang diperuntukkan untuk pembebasan warga dari isolasi, sampai sekarang proses pembangunannya masih terus berlanjut.

Hanya saja, ia berharap sepeninggal dirinya nanti pembangunan infrastruktur tersebut tetap dilanjutkan. Sebab, menurutnya, warga di Bagian Utara sangat membutuhkan sarana itu untuk maju.

''Jalan lintas itu harus dibangun dari awal, berikut dengan jembatan penghubungnya, dengan membutuhkan biaya yang demikian besar dan tidak dapat dilakukan sekaligus. Kita berharap nanti tidak ada lagi wilayah Inhil yang sulit untuk dicapai,'' terangnya.

Apabila jalan lintas tersebut selesai dibangun. Warga dapat kapan saja bepergian dan memasarkan hasil buminya. Tidak seperti sekarang, dimana mereka harus menunggu air pasang atau adanya angkutan air yang bergerak.

Hambatan isolasi itu tentu sangat berdampak pada tingginya biaya kebutuhan hidup, sedangkan harga hasil bumi warga terkadang rendah. Pasalnya, tidak jarang harus menunggu sekian lama, sehingga berkurang nilai jualnya. (halloriau)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER