Kanal

PSMTI Inhil Dukung Program Pemerintah dan Kerjasama Sosial

Pekanbaru (Inhilklik) - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sudah menjadi wadah bagi masyarakat Tionghoa. Baik untuk membantu urusan di pemerintahan maupun dalam melestarikan dan mengenalkan budaya Tionghoa serta bergerak dibidang sosial.

Berdiri sejak tahun 2000, selama 13 tahun PSMTI Inhil mampu menunjukkan eksistensinya di tengah-tengah masyarakat. Merangkul semua elemen dalam berbagai kegiatan sosial. Tidak heran, PSMTI Kabupaten Inhil akan hadir di setiap kecatamatan di kabupaten tersebut.

Ketua PSMTI Kabupaten Inhil, Alex Chandra S Sos mengatakan,  PSMTI Inhil sudah berdiri di tujuh kecamatan. Dalam waktu dekat, dilantik pengurus di kecamatan lainnya.

"Dari 20 kecamatan di Kabupaten Inhil, sudah terbentuk kepengurusan di 8 kecamatan. Saat ini terdapat 1000 Kepala Keluarga (KK) Tionghoa di Inhil," paparnya seperti dilansir halloriau.com.

Pembentukan pengurus di setiap kecamatan, lanjutnya, membuktikan PSMTI di Inhil sangat berkembang dan menjadi wadah bagi masyarakat, khususnya warga Tionghoa.

Selama ini, lanjutnya, kami hidup secara harmonis dan berdampingan dalam berbagai segi kehidupan. Dan ini terus dipertahankan.

Menurutnya, kerjasama dengan suku lainnya menjadi sebuah kekuatan menuju pembangunan yang lebih baik. Sedangkan bagi masyarakat Tionghoa wajib hukumnya mendukung program pemerintah daerah dalam pembangunan.

Selain itu, lanjutnya, sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan PSMTI Inhil yang melibatkan suku lainnya, termasuk dengan pemerintah.

Bahkan, sambungnya, PSMTI Inhil menyediakan mesin pemadam kebakaran sebanyak 5 unit. Mesin ini merupakan swadaya warga Tionghoa yang bisa digunakan setiap saat.

"Mesin sudah sering digunakan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi kebakaran. Bukan hanya untuk warga Tionghoa, namun digunakan untuk umum," terang pria yang sudah 8 tahun menjabat sebagai Ketua ini.

Bukan hanya membantu memadamkan kebakaran, PSMTI pun membantu korban dengan memberikan sembako. Apalagi kegiatan sosial merupakan salah satu misi dan visi PSMTI Kabupaten Inhil. "Kita selalu siap dalam urusan membantu mereka yang tertimpa musibah maupun bencana alam. Dalam memberikan bantuan PSMTI tidak pernah membeda-bedakan asal dan latar belakang warga," tuturnya.

PSMTI Inhil dalam 2 (dua) tahun terakhir ini telah berhasil membangun sebuah Gedung serba guna terbesar di RIAU hasil sumbangan dana dari seluruh masyarakat Tionghoa Inhil dan Gedung tersebut dipergunakan untuk kegiatan Sosial, Sport Center, Pernikahan dan lain- lain terbuka untuk umum.

Dalam kesempatan tersebut, Alex mengatakan, PSMTI Inhil siap mensukseskan Musyawarah Nasional (Munas) PSMTI ke-V yang dilaksanakan di Pekanbaru pada tanggal 04 s/d 07 Oktober 2013 yang akan datang.

"Ini merupakan Ivent Nasional yang bergengsi yang dipercayakan kepada Kita sebagia tuan rumah untuk itu Kita sebagai rakyat RIAU wajib hukumnya untuk mensukseskan acara tersebut mudah- mudahan Kita doa kan bersama Munas PSMTI ke-V di RIAU berjalan dengan lancar, tertib dan sukses, tegasnya. (halloriau)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER