Kanal

Pengupas Kedelai Karya Petani Inhil Menarik Perhatian Peserta TTG Nasional XV

Tembilahan (Inhilklik) - Kabupaten Indragiri Hilir ikut serta di ajang Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XV di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Wakil Bupati Inhil, H Rosman Malomo menghadiri Gelar Teknologi Tepat Guna yang digelar di Gedung Olahraga Haji Agus Salim, Padang ini.

Dalam kegiatan yang mengusung tema 'Dengan memanfaatkan potenai sumber daya lokal melalui pendayagunaan Teknologi Tepat Guna kita wujudkan kemandirian masyarakat.

Di ajang yang berlangsung dari tanggal 26-30 September 2013 ini, Kabupaten Inhil menampilkan 4 alat teknologi tepat guna, yaitu alat pengupas kulit kedelai dan kopi, alat pemotong untuk pembuatan kerupuk, alat parut kelapa dan alat pengupas kulit pinang,

“Di ajang Gelar Teknologi Tepat Guna ini, kita menampilkan emoat alat teknologi tepat guna, yakni alat pengupas kulit kedelai dan kopi, alat pemotong untuk pembuatan kerupuk, alat parut kelapa dan alat pengupas kulit pinang,” ungkap Kepala Bagian Humas Setdakab Inhil, H Suhardiman kepada wartawan, Senin (30/9/13).

Ditambahkan, kesemua peralatan teknologi tepat guna yang ditampilkab tersebut merupakan hasil ciptaan dan kerajinan masyarakat Inhil.

"Di ajang Gelar Teknologi Tepat Guna yabg diikuti seluruh provinsi di Indonesia ini, ternyata alat pengupas kulit kedelai dan kopi yang diciptakan Salam, petani Kecamatan Kempas cukup menarik minat para pembeli dari daerah lainnya.

"Karena alat pengupas kedelai dan kopi ada yang berminat membelinya, maka akhirnya dijual kepada peminat tersebut. Dengan demikian ternyata hasil karya masyarakat kita dapat dibanggakan dan mampu bersaing dan menarik minat peserta dari dari lain," imbuh mantan Kabid Teknologi Tepat Guna Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Inhil ini.(adv/riauterkini)
Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER