Dewan Dukung Penganggaran Program Penanggulangan bencana Kabut Asap

Ahad, 22 November 2015

post

‎INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Ibarat kata sedia payung sebelum hujan begitulah untaian kalimat yang disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil) kepada Pemkab Inhil agar menyediakan anggaran yang cukup untuk penanggulangan bencana kabut asap yang kerap melanda.

"Tidak ada salahnya kita anggarkan terlebih dahulu untuk penanganannya, jadi dengan demikian jika sudah terdapat titik api petugas dengan sigap langsung meluncur menuju lokasi," kata Dani.

Pada dasarnya DPRD Inhil akan selalu mendukung program penganggaran bagi penanganan bencana kabut asap. Asalkan semuanya tetap disesuai dengan kemampuan daerah. Program penanggulangan bencana kebakaran lahan dan hutan disebutkan Dani bisa daat dengan mengaktifkan kembali masyarakat peduli api (MPA) yang ada di Inhil.

"Selain itu sarana prasarana penyediaan mesin Robin, baik yang besar maupun protable," ungkapnya. Selain itu bisa pula dilakukan dengan membuat embung, kanal dan sumur artesis agar mengurangi dampak panas dan kering dari tanah gambut yang kering karena kemarau.

"Kita akan dukung peningkatan program bagi penanggulangan bencana kabut asap," sebutnya lagi.

Sedangkan jika sudah terjadi kabut asap menurut Dani dapat dimaksimalkan fasilitas pelayanan kesehatan‎ yang ada di kabupaten dan kecamatan. Memberikan masker dan memberikan pelayanan berobat gratis. 

"Semua pihak dari seluruh komponen harus bersatu untuk minimal dapat mengurangi dari dampak kabut asap. Akan tetapi yang lebih penting lagi pencegahan sebelum adanya asap yakni pemadaman titik api," pungkas Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.‎(advertorial / DPRD) ‎