Desa Tanjung Lajau Gelar Musrenbangdes Tahun 2017

Sabtu, 04 Februari 2017

INHILKLIK.COM, KUINDRA - Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tanjung Lajau (Musrenbangdes) tahun 2017 diselenggarakan di Balai Desa Tanjung Lajau sore Jum’at  03/02/2017, yang dihadiri oleh Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD, Kepala Dusun, Rt/Rw, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa beserta Ibu – ibu PKK Desa Tanjung Lajau serta Tim Fasilitator dari Kecamatan.

Berbagai usulan dalam kegiatan Musrenbang tersebut, seperti Semenisasi Jalan, Jerambah Beton, penanggulan, pelatihan pelatihan serta lain sebaginya,  semua aspirasi dari peserta ditampung dan dibahas dalam acara tersebut.

Selanjutnya Kepala Desa Tanjung Lajau Rusadi dalam sambutannya mengatakan “melalui Musrenbang ini merupakan wadah aspirasi dan acuan Desa dalam mengusulkan Inprastruktur Desa melalui Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuala Indragiri.

Sehingga Prioritas kegiatan Desa yang akan dilaksanakan Desa sendiri yang dibiayai melalui dana bantuan dari pemerintah daerah. Sehingga prioritas kegiatan pembangunan Desa yang akan diusulkan melalui musrenbang kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah dan dibiayai melalui APBD Kabupaten Indragiri Hilir atau APBD Propinsi Riau Tahun Anggaran 2018”, ujar Rusadi.   

Dengan melihat pergeseran paradigma pembangunan yang sekarang menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan.

Artinya, pemerintah tidak lagi sebagai Provider dan pelaksana, melainkan lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengambil keputusan, dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses Musrenbang.

Semoga proses pembangunan dan proses musyawarah semakin dewasa dan semakin greget dengan kesadaran dan kecintaan pada desa sendiri sebagai bagian dari negara tercinta kita Indonesia Raya. (endra_alhabsyi-red)