Pulau Nipah Akan Jadi Kawasan Ekonomi

Senin, 06 Februari 2017

INHILKLIK.COM, KEPRI - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan BPPT Kemenristek untuk mengembangkan Pulau Nipah sebagai kawasan ekonomi. Untuk mendukung pengembangan kawasan ekonomi, Pulau Nipah juga akan diperluas dari 60 hektar saat ini menjadi 200 sampai 250 hektar.

“Beberapa potensi yang akan dikembangkan seperti Oil Storage, Penyediaan Air Bersih untuk supplay kepada Kapal-Kapal Asing, Lego Jangkar, Maintenance Kapal dan Pengolahan Limbah,” kata Luhut saat meninjau Pulau Nipah di Kota Batam, Provinsi Kepri, Kamis, 2 Februari 2017.

Sejumlah pejabat ikut mendampingi kunjungan Menko Kemaritiman ke Pulau Nipah. Di antaranya Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia, Kapolda Kepri Irjen Pol. Sam Budigusdian, Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri, Danlantamal IV/TPI Laksma TNI S. Irawan, Danguskamla Armabar Laksma TNI Muhammad Ali, Kepala Kantor Zone Maritim Barat Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Fredy Rudolf Dicky Egam, Laksamana Pertama TNI Harjo Susmoro, Asops Pangarmabar, Danlanal Batam, Asintel Lantamal IV, Dandim 0316 Batam, serta para staf Menko Maritim.

Rombongan Menko bergerak menuju Pulau Nipah dari Pelabuhan Sekupang menggunakan Kkapal Oceana 18 dengan jarak tempuh sekitar 50 menit. Setibanya di Pulau Nipah, rombongan disambut Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Pulau Nipah. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan mengelilingi Pulau Nipah untuk mengetahui secara langsung sarana dan prasarana yang ada di Pulau Nipah, di antaranya Pos Pantau Posal Pulau Nipah dan mercusuar Pulau Nipah..

Mengenai infrastruktur, Luhut mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga program yang mendukung perekonomian nasional ini bisa berjalan dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal / Indonesia. Sementara ini, untuk tenaga listrik menggunakan solar cell, tenaga angin dan genset. Dan air bersih masih bergantung dari air hujan.

“Apalagi kedalaman laut sekitar Pulau Nipah sudah mencapai 26 meter, tidak perlu untuk didalamkan kembali,” katanya.

Sebelum kembali ke Batam, Luhut meminta Komandan Posal untuk segera memperbaiki tangga menuju menara yang ada dengan menambahkan pegangan, sehingga lebih aman bagi yang menaikinya. Pulau Nipah merupakan salah satu pulau terdepan RI yang berbatasan langsung dengan negara Singapura. (batamekbiz)