Pilkada Serentak 2017, PKB Klaim Menang di 40 Wilayah

Jumat, 17 Februari 2017

Lukman Edy (Foto/ZonaSutra)

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa berpartisipasi di 76 wilayah pada Pilkada Serentak 2017. Dari 76 wilayah, PKB mengklaim menang di 40 wilayah.

"Kita ikut 76 pilkada, kita sudah update pagi ini, kita menang di 40 wilayah, 20 kita kalah, sisanya belum dapat laporan karena dari Papua belum masuk. Papua ini lambat masuknya. Mungkin sore ini bisa laporan ke ketua. Dari 60 yang terdata, kita menang di 40," ujar Ketua DPP PKB Lukman Edy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017).

Salah satu wilayah yang dimenangi PKB adalah Aceh dengan pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah di Pilgub Aceh. Sedangkan pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, yang juga diusung PKB, dipastikan tersingkir pada putaran pertama Pilgub DKI.

"Aceh kita menang gubernur, Gorontalo gubernur kita kalah, Sulbar kita menang, DKI kalah di putaran pertama. Belum tahu di putaran kedua kita ikut yang menang. Babel kita ikut yang menang," jelas Lukman.

Partai lain yang sudah memberikan pernyataan soal pilkada serentak adalah Partai Golkar, yang mengklaim meraih hasil gemilang pada Pilkada Serentak 2017 ini. Di wilayah Indonesia I, yakni Jawa dan Sumatera, yang menggelar pilkada, Golkar mengklaim memenangi 58 persen di antaranya.

Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar Wilayah Indonesia I Nusron Wahid mengatakan calon yang diusung partainya menang di 30 daerah dari total 52 daerah yang menggelar pilkada. Dengan kemenangan di 30 daerah, artinya keberhasilan Partai Golkar memenangi pilkada di Jawa dan Sumatera mencapai 58 persen. "Sebuah capaian yang cukup membanggakan," kata Nusron kepada wartawan, Kamis (16/2). (dtk)