Ekspor Gula Aren Dari Riau Meningkat

Jumat, 17 Februari 2017

Ilustrasi (Foto/Int)

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Ekspor aren dari Riau ke Singapura dan Malaysia meningkat di era masyarakat ekonomi asean (MEA).

Hal itu dikatakan Gubri Arsyadjuliandi Rachman saat pertemuan tahunan OJK dengan pelaku industri jasa keuangan di Kamis.

Dikatakan, petani kabupaten inhil dan rohul serius menggarap potensi gula aren dari kelapa dengan mengemasnya untuk mendapat harga jual lebih tinggi.

Khusus dari Inhil  sejak awal 2013, aren sudah mulai dilabeli dengan nama aren Inhil. Namun sejak 2015 lalu permintaan dari luara negeri terus meningkat. Begitu juga dengan potensi aren di Rokan Hulu yang lebih banyak diekspor ke Singapura.
 
Meurut Gubri, Inhil merupakan daerah di pesisir Riau yang memiliki potensi kelapa yang luas, sehingga menjadi daerah penghasil kopra dan gula aren. Namun selama ini pengemasan komoditas tersebut belum maksimal dan penjualannya melalui Medan (Sumut).

Produk aren dijual dengan harga Rp 18.000 per kilogram dan akan terus dikembangkan agar bisa menembus pasar ekspor yang lebih luas agar harganya bisa lebih tinggi apalagi di malaysia harga gula aren bisa mencapia Rp 27.000 per kilogram.

Pemerintah daerah juga terus memberi perhatian bagi petani aren dengan memberi bantuan peralatan untuk bisa meningkatkan produksi. (SuluhRiau.Com)