23 Pejabat Pelalawan Nonjob

Kamis, 23 Februari 2017

Ilustrasi (Foto/Int)

INHILKLIK.COM, PELALAWAN - Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap 106 pejabat eselon III dilingkungan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan, Rabu (22/2) sore di gedung daerah Laksamana Mangkudiraja Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Dalam sambutan Bupati Pelalawan HM Harris yang dibacakan Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM mengatakan, pelantikan tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah baru.

Dimana pasca restrukrasi ini, maka Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) berganti menjadi organisasi perangkat daerah (OPD). Selain itu, pelantikan ini juga dalam rangka program reformasi birokrasi untuk melakukan pembinaan secara terus-menerus dan berkelanjutan terhadap kinerja aparatur, tata kelola keuangan, akuntabilitas, sistem pengawasan, serta pemberian penghargaan khususnya dalam pengisian pejabat Pemkab Pelalawan sudah menyesuaikan dengan amanat undang-undang No 5 tahun 2015 tentang aparatur sipil Negara (ASN) dengan menerapkan prinsip merit system.

Dengan melakukan sistem terbuka, maka pengisian pejabat administrator (eselon III) ini dilakukan dengan membentuk tim panitia seleksi guna melakukan assessmen dalam seleksi terbuka.    

"Pengisian pejabat yang dilakukan secara terbuka adalah dalam rangka mencari ASN yang memiliki budaya kerja kompetitif, inoovatif dan kreatif. Karena ASN dituntut untuk dapat kerjasama satu sama lain dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat serta memiliki moralitas yang baik. Dan saat ini, kondisi pejabat struktural yang ada dilingkungan Pemkab mulai eselon II dan III setelah pelantikan ini sudah terisi semua. Untuk itu, maka pada minggu depan kita (Pemkab) akan kembali melakukan asseessmen terhadap seluruh pejabat eselon IV," ujarnya. (yan/mrc)