Gubernur Riau Resmikan Daerah Transmigrasi Lokal Desa Tanjung Melayu Inhil

Jumat, 24 Februari 2017

Gubernur Riau Andi Rachman didampingi Bupati Inhil HM wardan dan Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi meresmikan penempatan warga pogram transmigrasi lokal di UPT Tiram Jaya, Desa Tanjung Melayu, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Kabupaten Indragiri Hilir

INHILKLIK.COM, KUINDRA - Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman, meresmikan penempatan warga program transmigrasi lokal di UPT Tiram Jaya, Desa Tanjung Melayu, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (23/2).

Bupati Inhil HM Wardan secara langsung mendampingi Gubri bersama Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau, Rasyidin Siregar, Sekda Inhil, Said Syarifuddin, Kepala Disnakertrans Inhil Masdar, Wakil Ketua DPRD Inhil, Ir Ferriyandi.

Kepada para peserta program transmigrasi lokal, Gubri mengucapkan selamat dengan diresmikannya sarana dan prasaran program transmigrasi lokal. Setelah persesmian ini Gubri berharap para peserta program untuk dapat bekerja keras mengolah lahan yang telah disediakan oleh pemerintah.

“Telah selesainya ini, bapak dan ibu yang di sini sedikit harus kerja keras menjadikan daerah ini betul-betul menjadi daerah yang nyaman bersama keluarga. Besok kami ke sini harus sudah ada yang dihasilkan,” ujar Gubri yang akrab disapa Andi Rachman ini dalam sambutannya sebelum meresmikan penempatan program transmigrasi lokal.

Menurut Andi, program Disnakertrans Provinsi Riau yang menelan anggaran sekitar Rp 18 miliar ini dilakukan dalam rangka mengurangi angka kemiskinan, khusunya di Kabupaten Inhil.

“Sebagaimana bupati (HM Wardan) menyampaikan kepada kami, bahwa masih banyak masyarakat yang ingin kehidupan layak, makanya program ini kita adakan,” ucapnya.

Selain itu, menurut Andi Rachman, pemerintah ingin mengembangkan daerah, bagaimana suatu saat nanti menjadi daerah ekonomi baru sehingga masyarakat bisa mengembangkan daerah ini menjadi suatu tempat pengembangan masyarakat dengan baik.

Selain meresmikan penempatan warga program transmigrasi lokal, pada kesempatan tersebut Andi Rachman dan Bupati Inhil HM Wardan juga meletakkan batu pertama pembangunan kelas jauh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 008 Desa Tanjung Melayu di kawasan transmigrasi tersebut. Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil juga tampak hadir, antara lain Kepala BKSDA Provinsi Riau, anggota DPRD Provinsi Riau dapil Inhil Agus Triansyah, selain itu juga dihadiri Camat Kuindra Syahbudi beserta unsur Forkopimcam, perangkat desa, masyarakat Desa Tanjung Melayu beserta para peserta program transmigrasi lokal lainnya.

Program transmigrasi lokal kali ini, 146 unit rumah dibagikan kepada masyarakat Inhil yang berminat, masing-masing peserta akan dibekali logistik rumah tangga dan 2 hektar lahan untuk digarap.

Selain itu juga disediakan berbagai fasilitas umum bagi masyarakat transmigrasi lokal seperti sumber air bersih, rumah ibadah, sekolah dan lainnya.

Sebelumnya program transmigrasi lokal juga telah dilakukan di Desa Tanjung Melayu, pada tahun 2009 di Desa Tanjung Melayu telah dibangun 30 unit rumah dan 79 unit rumah pada tahun 2015. (adv)