Warga Kecewa, Oknum Pegawai Dishub Inhu yang Ditangkap Saber Pungli Tidak Ditahan

Selasa, 07 Maret 2017

Ilustrasi (Foto/Int)

INHILKLIK.COM, RENGAT - Baru-baru ini Satgas Tim Saber Pungli Polres Inhu berhasil melakukan operasi tangkap tangan terhadap salah seorang pegawai honorer Dinas Perhubungan Inhu yang diduga melakukan Pungli di Pos Tribusi Barang Terminal Air Molek Kecamatan Pasir Penyu. Namun kabarnya, pegewai honorer yang ditangkap diduga tidak ditahan sebagaimana layaknya orang yang bersalah.

Menyikapi tidak ditahannya pegawai honorer ini, Haryadi Sanjaya SP sebagai warga Inhu mengatakan, bahwa sebelumnya informasi penangkapan oknum honorer Dishub di pos retribusi terminal Air Molek belum lama ini telah membuat heboh masyarakat. Namun disayangkan apa yang telah dilakukan oleh tim saber pungli tidak berlanjut ke ranah hukum.

"Kita mendapat informasi dari beberapa oknum bahwa penangkapan oknum honorer Dishub tersebut tidak dilanjutkan ke ranah hukum, jika ini benar adanya maka merupakan tamparan keras bagi Tim Saber Pungli Inhu," kata Haryadi Sanjaya SP yang juga Penggiat Anti-pungli di Airmolek, kepada datariau.com, Senin (6/3/2017).

Menurut Sanjaya, bila tahap awal penangkapan oknum honorer Dishub di Terminal Lama Air Molek itu sudah selesai dengan dalih apapun, tentulah masyarakat tidak merasa yakin dengan kinerja Tim Saber Pungli Inhu yang ada. "Jika benar oknum itu bebas, tentu saja kita berpikir baru skala kecil yang ditangkap sudah damai, gimana dengan skala besar dan bagaimana mau mengusut pungli-pungli di dinas lainnya, bila penagkapan perdana sudah seperti ini," paparnya.

Menurut Jaya, masih banyak pungli-pungli lainnya yang bermain di belakang layar seperti pengurusan KK, KTP dan akta lahir diduga terjadi di Disdukcapil Inhu yang harus diungkap, karena aturannya gratis tapi banyak calo yang bermain di tempat perizinan lainnya termasuk di Samsat.

"Untuk itu kami sebagai rakyat sudah sakit perasaan dan pikiran terkait banyaknya pungli di sekitar kita, dan itu sebenarnya mudah diungkap dan ditangkap pelakunya, apabila Tim Saber Pungli Inhu berkerja secara profesional dan tidak tebang pilih dalam menjalankan amanah, yakinlah nanti akan terungkap semuanya," kata Jaya.

Terkait benar tidaknya oknum pegawai honorer yang tertangkap itu tidak ditahan, datariau.com melakukan konfirmasi ke Kasat Reskrim Polres Inhu AKP Andre Setiawan SH SIk melalui selulernya. Dia membenarkan bahwa pelaku memang tidak ditahan.

"Tidak kita tahan, waktu itu kita hanya minta keterangan saja, tapi kasus ini masih terus kita dalami," singkatnya.

Pantauan datariau.com, sejak terjadinya penangkapan pegawai honorer Dishub di Pos Tribusi Barang Terminal Pasar Lama Air Molek Jalan Suderman, pos tersebut sampai saat ini kosong tidak lagi berfungsi. (MRC)