Indonesia Termasuk 5 Negara yang Akan Menguasai Dunia di Masa Depan

Senin, 03 April 2017

(foto/int)

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Sejak berakhirnya Perang Dunia II, mengakibatkan terjadinya berbagai macam perubahan yang menyangkut segala aspek aktivitas kehidupan manusia Amerika Serikat adalah salah satu negara pemenang Perang Dunia ke-2 dan pemodal kuat tampil membantu negara-negara yang rusak akibat perang.

Bahkan sampai saat ini, Amerika masih menjadi negara adi kuasa yang dipandang seluruh dunia Meski begitu, beberapa negara lain sebenarnya telah memiliki modal untuk menjadi negara besar yang tidak kalah dengan Amerika Dengan langkah yang tepat, beberapa negara berikut ini sebenarnya bisa memperluas pengaruhnya dan menggantikan Amerika sebagai negara terkuat

1. China


Napoleon dulu pernah berkata bahwa China adalah raksasa yang sedang tertidur  “Biarkan ia tidur, karena ketika bangun, ia akan mengguncang dunia”. Kata-kata Napoleon ini perlahan menjadi kenyataan Ketika bangsa barat mulai tergantung dengan produk China, negara ini telah menjadi pusat manufaktur dunia sehingga membuatnya menjadi kandidat untuk menjadi negara dengan status super power.

Pangkalan penting perusahaan manufaktur China membuat negara ini terhubung dalam jalur pelayaran global yang membentang dari Samudra Pasifik hingga Hindia. Hal ini membuat China memiliki kontrol atas jalur pelayaran penting yang menjadi nadi ekonomi dunia.

Di bidang militer, China telah mendapatkan kapal pengangkut pesawat pertamanya yang berarti negara ini kini bisa menjelajahi lautan China juga membangun pulau buatan dan bersiap untuk merebut wilayah di Laut China Selatan Langkah ini menunjukkan bahwa China telah melihat dirinya sendiri sebagai negara kuat di wilayahnya dan berniat untuk memperluas jangkauannya.

2. Brazil


Jika Brazil mampu melangkah dengan tepat bersama sekutunya China dan Rusia, Brazil bisa maju menjadi salah satu negara yang terkuat Tidak hanya itu, ekonomi Brazil diprediksi akan meningkat hingga 10 triliun dollar dalam 40 tahun ke depan, jauh di depan Jepang dan Jerman Brazil juga memiliki simpanan sumber daya alam yang sangat besar serta populasi yang hampir sama dengan keseluruhan negara di Amerika Selatan Dengan memperhitungkan semua tanda ini, maka jelaslah bahwa Brazil bisa menjadi negara yang memimpin di Amerika Selatan dengan menjalin hubungan yang erat dengan negara kecil di sekitarnya

3. Rusia


Sudah lama kita ketahui bahwa Rusia memiliki ambisi yang sangat besar untuk menjadi negara terkuat di dunia Dengan mengekspor gas alam kepada negara Eropa dan aneksasi atau pencaplokan Crimea Rusia telah menunjukkan dirinya bukanlah negara yang bisa disepelekan.

Meskipun militer Rusia termasuk yang terbaik di dunia, negara ini masih perlu mengatasi penurunan populasi dan memperbaiki ekonomi negaranya untuk bertahan tahun-tahun berikutnya. Meski begitu, presiden Vladimir Putin telah membangun ikatan yang kuat dengan China Russia juga termasuk dari negara BRICS yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Bersama dengan sekutu baru ini, Rusia membentuk ekonomi dan sosial yang baru dan kuat dengan nama New Development Bank (NDB) yang mungkin akan memberikan kekuatan bagi Rusia untuk menjatuhkan dominasi Eropa dan Amerika dalam pasar global Russia dengan sekutu BRICS-nya di bawah NDB akan mengontrol lebih dari 3 milyar orang, atau sekitar 40% populasi dunia Mereka juga mengontrol lebih dari seperempat area tanah di dunia Jika Rusia sukses, maka NDB akan mampu membangun kekuatan negara dunia ke-3 dan membantunya untuk bangkit sebagai rekan Rusia dan China.

4. India


Banyak analis berpendapat bahwa India, sebuah negara demokrasi terbesar dengan populasi lebih dari 1,25 milyar jiwa kemungkinan akan menjadi negara dengan kekuatan dominan di Samudera Hindia dalam waktu dekat ini India telah memiliki semua yang dibutuhkan untuk tumbuh dan menyebarkan pengaruhnya.

Negara ini memiliki kekuatan militer ketiga terbesar, jumlah angkatan laut yang terus berkembang dan kini bahkan memiliki kapal pengangkut pesawat yang lebih banyak dari Kerajaan Inggris Semua pencapaian hebat ini telah berhasil dibayarkan oleh ekonomi yang meningkat dan bahkan menyaingi China berkat para pekerja muda mereka.

Meski begitu, negara ini masih harus menghadapi banyak tantangan yang harus diselesaikan seperti kemiskinan, tingkat buta huruf yang tinggi, masalah korupsi, serta menghindari masalah situasi geopolitik seperti ancaman nuklir dari Pakistan di Barat, atau perluasan China di Laut China Selatan Untuk bisa menjadi negara super power, maka India akan membutuhkan pemimpin yang kuat dalam menyelesaikan setiap masalah internal yang dihadapinya sehingga bisa berkembang ke wilayah luar India.

5. Indonesia


Indonesia tahu bahwa kepentingan strategisnya di wilayah Asia Tenggara meningkat seiring dengan ketegangan yang meningkat di wilayah tersebut Negara kepulauan Indonesia menjadi semacam tameng antara Samudra Pasifik dan Hindia hal ini membuatnya menjadi negara pembatas yang kuat antara dua wilayah besar di dunia.

Semua negara super power saat ini menyadari, bahwa Indonesia berada di posisi yang strategis dan mungkin akan berniat untuk menjalin hubungan dan melakukan investasi besar-besaran untuk perkembangannya Sementara itu, kekuatan militer Indonesia juga telah meningkat secara signifikan.

Karena telah sering berurusan dengan upaya pemberontakan, Indonesia memiliki pasukan unit khusus paling efektif di dunia Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah memiliki pesawat jet dan meningkatkan jumlah armada lautnya hingga 200 buah kapal Indonesia akan memiliki pondasi kuat untuk menjadi negara yang hebat dan kuat di masa depan (idnt)