Kepala DPMD Inhil: Saya tidak pernah minta uang sama Kepala Desa

Kamis, 06 April 2017

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Drs. Yulizal.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Yulizal menegaskan bahwa dia tidak pernah meminta uang kepada Kepala Desa (Kades).

Pernyataan itu disampaikan Yulizal saat ditemui langsung diruang kerja, Selasa (04/05/17) sekitar pukul 14.00 Wib.

Menurutnya, ada sejumlah oknum yang menduganya meminta uang sama kepala desa. Namun, tudingan itu tidak ia tanggapi dengan serius. Sebab, semua orang boleh menduga tapi tidak boleh menuduh secara langsung.

"Tidak pernah saya minta uang sama kepala desa selama saya menjabat sebagai Kadis BPMPD/DPMD. Kalau ada, tunjukan buktinya," ungkapnya kepada Wartawan, Rabu (05/04/17).

Dikatakannya, secara Individu atau kedinasaan, dia mengakui telah bekerja secara profesional. Selain itu, ia mengigatkan setiap kepala desa harus menggunakan anggaran desa tepat sasaran dan optimal guna membangun desa yang lebih maju.

"Disetiap pelantikan Kades, tetap saya ingatkan agar kepala desa tidak sembarang menggunakan dana desa tersebut, apalagi Bupati kita sangat optimis terhadap pembangunan di setiap desa, melalui program DMIJ," paparnya.

Disamping itu, Yulizal menganggap pelatihan Kepala Desa di Inhil wajib dilakukan, karena memang Sumber Daya Manusia (SDM) khusus Kades dinilai kurang handal dalam mengelola keuangan desa.

"Dipusat saja menganjurkan Kades melakukan pembinaan, dana desa kita hanya anggaran 0,3 persen dari dana desa yang ada.  Tujuannya supaya Kades paham dengan aturan hukum yang berlaku dan lain sebagainya," jelasnya.

Meski demikian, tahun ini pemerintah pusat kembali  mengalokasikan dana desa,  sebanyak 72 ribu desa tersebar diseluruh Indonesia, dengan anggaran Rp 106, 6 Triliun. Khusus di Inhil, satu desa mendapatkan Rp 700-an Juta, ditambah APBD Pemkab Inhil Rp 500-1200 Juta.

"Pembagian anggaran untuk satu desa itu berbeda-beda, dinilai dari tingkat kemajuan desa tersebut," ujarnya.

Kemudian, dia berharap Kades lama atau baru dilantik agar sesegera mungkin memperbaiki diri. Sehingga ekonomi, infrstruktur pembangunan, seperti jalan, jembatan, posyandu dan lainnya tahun ini dapat terisolir lebih baik lagi.

"Kuncinya kalau di intansi dinas itu adalah Administrasi dan laporan pertanggung jawaban. Kalau itu sudah dilengkapi disuatu desa, maka pasti bakalan aman," tutupnya. (Har/Rkc/Yan))