Dewan Kuansing Pertanyakan Rencana Pembelian Lahan Seperempat Hektar Senilai Rp2 M

Jumat, 14 April 2017

TELUK KUANTAN - Komisi C DPRD Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau mempertanyakan program pembelian lahan yang diusulkan dalam KUA-PPAS tahun 2017 oleh Pemkab. Pasalnya anggaran yang diusulkan cukup besar senilai 2 Milyar sementara luas lahan yang akan dib

INHILKLIK.COM - TELUK KUANTAN - Komisi C DPRD Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau mempertanyakan program pembelian lahan yang diusulkan dalam KUA-PPAS tahun 2017 oleh Pemkab. Pasalnya anggaran yang diusulkan cukup besar senilai 2 Milyar sementara luas lahan yang akan dibeli hanya seperempat hektare atau 2.500 meter persegi.
 
" Maka nanti Kita pertanyakan kepada dinas Permukiman  Tata Ruang dan Pertanahan tentamh manfaat dan alasan pembelian lahan ini,"ujar anggota Komisi C DPRD Kuansing, Andi Cahyadi, Rabu ( 12/4/2017) kemaren.
 
" Kalau kegunaan lahan itu untuk pembanguanan taman tapi kalau Saya berpendapat dengan kondisi saat ini jika ada pembangunan taman atau ruang terbuka hijau dapat memanfaatkan lahan di belakang hotel Kuansing,"lanjut Andi Cahyadi.
 
Upaya mempertanyakan hal ini untuk mengetahui rencana lahan yang akan dibeli tersebut Karena nilainya cukup besar 2 Milyar sementara luasnya hanya seperempat hektar." Berarti satu meter seharga 800 ribu kalau melihat usulan dalam KUA-PAS,"sambung Andi.
 
Pembelian lahan ini ujarnya akan kembali dibahas di Badan Anggaran ( Banggar ) bersama tim anggaran pemerintah daerah ( TAPD ).  Disamping itu ujarnya, jika ada pembelian lahan seharusnya untuk pembelian lahan yang sedikit murah untuk memperbanyak hutan kota dengan kondisi keuangan saat ini.
 
Seperti areal antara gedung DPRD dan Mapolres. Disana terdapat kawasan hutan yang dari hari ke hari berubah menjadi lahan kelapa sawit. Alangkah baiknya lahan tersebut dibeli sehingga tetap menjadi kawasan hutan yang multi fungsi, kawasan penyanggah, kawasan flora fauna, kawasan resapan air, kawasan wisata, ilmu pengetahuan dan yang lain.
 
" Coba lihat di Batam banyak hutan lindung dikawasan kota yang membuat kota menjadi indah dan asri,"pungkasnya. (roc)