DMIJ Dukung Berbagai Sektor Kegiatan Desa

Rabu, 30 November 2016

post

Pembangunan jalan lingkungan Desa Mumpa tahun 2016
INHILKLIK.COM, MUMPA - Program pemerintah dalam memajukan desa dengan nama Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dirasakan sangat membantu masyarakat dan pemerintah desa, dengan program ini tidak hanya aliran dana dipergunakan bagi pembangunan infrastruktur desa namun semua sektor mendapat sentuhan.  

Program ini dinilai paripurna dibandingkan program serupa pada masa pemerintahan sebelumnya. "Kami sangat merasakan bagaimana dengan peogram yang bernama DMIJ ini mendongkrak pembangunan. Selain itu geliat aktivitas desa makin terasa," ungkap Kepala Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, Jumrani Mustafa, Kamis (01/12).  

Program DMIJ juga memberikan kesejahteraan kepada aparatur desa. Dimana sebelumnya gajuh kepala desa dan perangkatnya sangat kecil kini keadaan tersebut sudah tidak lagi. Gajih kepala desa dan perangkatnya saat ini sudah mampu memberikan kesejahteraan. 

Secara logika bagaimana aparatur desa bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sementara mereka masih memimirkan kesejahteraan yang masih kurang. Tentu ini akan berimbas pada pelayanan.  

Oleh karena itu Pemkab Inhil memikirkan hal tersebut dan menaikan berkali lipat gajih aparatur desa dari pada masa sebelumnya. "Atas upaya kini kami sangat berterimakasih kepada pemerintah saat ini terutama kepada Bupati Inhil HM Wardan MP, " ungkap Kades Mumpa Jumrani. 

‎Dengan DMIJ sarana prasarana kantor desa saat ini makin lengkap pula dengan pengadaan berbagai mobiler kantor. Peralatan pendukung kinerja aparatur desa seperti pengadaan laptop, printer, kamera dan perlengkapan lainnya.  

Tidak hanya sampai disitu perhatian diberikan pula pada kemamuan dasar aparatur desa dengan memberikan pelatihan kepada perangkat desa. Hal ini sebagai upaya agar terciptanya aparatur desa yang mempunyai kualitas mumpuni.  

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Yulizal mengatakan, faktor yang menjadi pendukung kemajuan desa adalah apataru yang mepunyai kualitas dan kompetensi tinggi. Jika sekarang kualitasnya yang dimilki masih dibawah maka perlu ditingkatkan. 

"Ya, dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan berbagai hal, mulai pelatihan komputer, penyusunan RPJMDESA dan hal teknis lainnya, " katanya. Hal ini supaya desa kedepan bisa terus berbenah, kemajuan desa dapat menjadi tolak ukur dari kemajuan Inhil menuju Kabupaten yang maju bermarwah dan bermartabat. 

Sebagaimana nawacita dari Presiden Republik Indonesia Jokowidodo desa membangun Indonesia. Jadi peranan desa sebagai tonggak pembangunan saat ini perlu mendapat perhatian terutama penguatan kualitas SDM aparatur desanya. (adv)