Dumai Canangkan Gerakan Konsumsi Pangan Lokal

Rabu, 19 April 2017

Ilustrasi (Foto/Int)

INHILKLIK.COM, DUMAI - Pemerintah Kota Dumai gelar acara pencanangan gerakan konsumsi pangan lokal, tanam cabe di pekarangan rumah dan sosialisasi gemar makan ikan, Rabu (19/4).
 
Wali Kota Dumai Zulkifli As mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku konsumsi sagu, ubi jalar dan ubi kayu sebagai pengganti beras serta mendorong makan ikan sebagai satu sumber protein.
 
"Aneka pangan lokal hasil olahan ikan bisa diperkenalkan di restoran dan hotel di daerah kita," kata walikota.
 
Selain itu, kepala daerah juga menyebut untuk ketersediaan pangan, sejauh ini terkendala lahan karena sekitar 70 persen lahan di Dumai masuk dalam kawasan hutan, sehingga pengembangan produksi padi tidak optimal.
 
"Pemerintah juga mendorong kerjasama dengan pelaku usaha untuk penyediaan lahan pertanian pangan bagi masyarakat," kata wali kota.
 
Ditambahkan, alternatif lain ialah dengan menjadikan pekarangan sebagai satu tempat menanam produk pangan dengan beragam metode bisa diterapkan, baik media tanam tanah atau secara hidroponik.
 
Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Dumai Dwi Oristiawan menyatakan, kegiatan ini digelar guna menambah keragaman konsumsi pangan bagi masyarakat, dan konsumsi pangan lokal mesti digalakkan, sembari mengurangi kebiasaan konsumsi pangan non beras.
 
"Untuk meningkatkan konsumsi makan ikan sebagai satu sumber protein, maka perlu dioptimalkan penggunaan pangan lokal bagi keluarga," sebutnya. (rtc)