Tingkatkakn Kompetensi Perawat, Dirut RSUD Bangkinang Adakan Inhouse Training

Kamis, 20 April 2017

INHILKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Dalam rangka meningkatkan kompetensi perawat di lingkungan internal rumah sakit, RSUD Bangkinang kembali mengadakan inhouse trainning. Pelatihan yang kali ini diadakan oleh komite keperawatan  khusus mengenai sistem pendokumentasian proses asuhan keperawatan di klinik selama perawatan pasien.selasa,18/04/17


Ketua komite keperawatan RSUD Bangkinang Hj. Fatmawati S.Kep mengatakan bahwa dengan pola perawatan berorientasi keselamatan pasien yang dikenal sebagai patient centre care seperti yang ada di sistem akreditasi versi 2012 maka semua kegiatan menyangkut perkembangan pasien haruslah terdokumentasi. Pendokumentasian itu tidak saja untuk kepentingan pasien tapi juga utk kepentingan petugas, tidak saja untuk kepentingan pengobatan tapi juga untuk kepentingan audit internal nantinya.

Maka Fatmawati menghimbau seluruh komponen khususnya keperawatan melakukan pencatatan yang lengkap terhadap aktifitas asuhan keperawatan. Dalam akreditasi jika tidak melakukan pencatatan maka seberapapun banyaknya pekerjaan tetap saja dianggap tidak melakukan apa apa "you do nothing" katanya.

Sementara itu dalam laporannya ketua panita Defri Lasardo S.Kep menyampaikan bahwa saat ini pelatihan memang dilakukan bergiliran, disebabkan oleh kendala2 teknis. Pelatihan saat ini diikuti oleh 35 peserta utusan dari seluruh ruangan baik perawat dan bidan.

 

Pelatihan ini sekaligus menjadi salah satu program komite perawatan dalam rangka memperbaiki mutu pelayanan keperawatan.pada kesempatan kali ini didatangkan materi dari PSIK Unri ibu Siti Rahmalia Hairani Damanik.

Direktur RSUD Bangkinang dr Wira Dharma MKM yang dihubungi redaksi menyampaikan terimakasih dan apresiasinya pada panitia yang telah menyelenggarakan acara tersebut.


"Kondisi kekinian pelayanan haruslah terstandarisasi.dan dokumentasi adalah bagian dari standar itu. Banyak perawat yang sudah mengetahui hal ini namun masih ada yang belum melaksanakannya di lapangan" katanya.

"Ke depan saya berharap komite keperawatan menjadi motor dalam perbaikan pelayanan terus menerus, mengadakan acara2 serupa dan memperbanyak acara2 ilmiah"pungkas Wira mengakhiri. (rac)