Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Inhil Tempatkan Tim Nusantara Sehat

Ahad, 07 Mei 2017

   
INHILKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Keberadaan Puskesmas merupakan ujung tombak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saat ini, puskesmas bukan lagi harus terfokus pada pelayanan kesehatan ketika masyarakat sakit saja, tetapi harus berperan sebagai agen pembangunan bidang kesehatan di wilayahnya.

Menjadi penggerak pembangunan kesehatan artinya menjadi pemicu kemajuan kesehatan masyarakat yang akan berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat itu sendiri. Dengan majunya bidang kesehatan, produktifitas masyarakatnya akan bertambah semakin besar.  

Dengan demikian, keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari keberhasilan pelayanan kesehatan masyarakat. Apalagi dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo sudah mengaris bawahi, pembangunan ditekankan dari kawasan pinggiran.

Pengutamaan pembangunan melalui wilayah pinggiran menuju ke wilayah tengah tak terkecuali untuk bidang kesehatan. Pola seperti ini menghadirkan negara pada setiap jengkal tanah di Indonesia.

Salah satu kebijakan bidang kesehatan, pemerintah menghadirkan Nusantara Sehat, yakni penugasan khusus bidang kesehatan berbasis tim. Dimana tenaga Kesehatan direkrut langsung Badan PPSDM Kemkes dengan melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Kehadiran Tim Nusantara Sehat diharapkan dapat memberi perubahan dunia kesehatan menuju pelayanan kesehatan yang paripurna. Kabupaten Indragiri Hilir juga menjadi sasaran program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berupa penempatan Tim Nusantara Sehat tersebut.

Sejak saat ini terdapat 2 tim yang ditempatkan di UPT Puskesmas Sungai Guntung (Kecamatan Kateman) dan Batang Tumu (Kecamatan Mandah). Tim yang pertama ditempatkan tanggal 9 Desember 2015 adalah Tim Nusantara Sehat Puskesmas Sungai Guntung, kemudian diikuti tahun 2016 di Puskesmas Batang Tumu.

“Kegiatan turun ke desa yang menyenangkan walaupun harus jalan kaki tak apa kalau dilakukan dengan ikhlas. Insya Allah ladang pahala buat kita. Karena kiri-kanan kita juga bisa lihat keindahan dan kekayaan alam sekitar pohon kelapa yang hijau meskipun jauh dari pemukiman warga,” ujar Dedeh Supriatin, SST saat mendatangi Desa Sungai Teritip (Bidan Nusantara Sehat), Minggu (7/6/2017).

Dikatakan, saat ini masalah kesehatan harus diimbangi dengan kemajuan program kesehatan masyarakat. Umumnya masyarakat datang ke fasilitas kesehatan untuk berobat, baik kepada dokter praktik maupun langsung ke Puskesmas. Sedangkan jika ditelusuri sumber penyebab masalah itu dapat diantisipasi dengan pencegahan yang efektif.

Lebih banyak orang sakit baru berobat dibandingkan orang sehat / beresiko yang menjaga kesehatanya agar tidak sakit. “Kunjungan tenaga kesehatan kali ini di salah satu desa terisolir wilayah kerja Puskesmas Sungai Guntung hanya bisa ditempuh berjalan kaki. Dengan kondisi jalan yang berlumpur  dan licin pada musim hujan kurang lebih dengan jarak 3 km.

"Namun semangat pengabdian, jarak yang kami tempuh dan lelah berjalan kaki terasa ringan ketika melihat senyuman dan antusias masyarakat menyambut,” tambah Ns.Hendri H,S.Kep (Perawat Nusantara Sehat).

Mendatangi ke masyarakat yang belum tersentuh pelayanan kesehatan menjadi pilihan dalam upaya pelaksanaan program promosi kesehatan. Tenaga Kesehatan merasa memiliki tanggungjawab untuk menurunkan resiko masalah kesehatan dengan memberikan pelayanan turun lapangan. Hal itu tidak lain timbul dari harapan besar untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada yang membutuhkan. (adv/diskominfo)