Meranti Suguhkan 'Ancak Laut Darat' di Parade Tari Daerah

Sabtu, 13 Mei 2017

INHILKLIK.COM, SELAT PANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti Kembali mempercayai kepada Sanggar Bathin Galang untuk mengikuti Parade Tari Daerah di Pekanbaru. Kali ini Sanggar Bathin Galang membawa tarian Ancak Laut Darat pada Ahad (14/05/2017) malam, di Anjung Seni Idrus Tintin.

Ketua Sanggar Bathin Galang Sopandi S, Sos kepada Senuju.com mengatakan, ini merupakan kedua kalinya Sanggar Bathin Galang mewakili Kabupaten Kepulauan Meranti untuk ikut Parade Tari tingkat Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, sampai sekarang Pemkab Meranti masih percaya dengan Sanggar Bathin Galang dalam mengikuti iven tahunan Riau di Pekanbaru," ungkap Sopandi.

Dalam Parade Tari tahun 2017 ini, kata Sopandi, dia mengerahkan sebanyak 16 pendukung Ancak Laut Darat. Rinciannya, 7 penari, 5 pemusik, dan 4 official.

''Tari ini digarap oleh Darmila dengan diiringi musik langsung, garapan kita. Tarian itu mengkolaborasikan beberapa tradisi masyarakat di Desa Bokor, yaitu Buang Ancak. Dipadukan dengan instrumen buluh (bambu) dengan rentak tari tradisi khas Bele Kampung di Desa Bokor, '' ujar Sopandi.

Meskipun garapan ini baru hampir 2 minggu, namun Sopandi mengaku pihaknya bersemangat dalam Iven nantinya. Target juara pada Parade Tari 2017 juga dibidik, dan dia ingin menjadikan tari Ancak Laut Darat ini tari khas Kepulauan Meranti. Kedepannya, tari tersebut akan dipromosikan pada beberapa iven di Kota Sagu, seperti yang pernah digarap tahun 2010 lalu yaitu Tari Ayak Sagu Meranti.

"Meski Tari Ayak Sagu yang kita lombakan tahun 2010 lalu tak dapat juara, tapi sampai sekarang tetap kita lestarikan. Begitu juga untuk Tari Ancak Laut Darat ini, akan kita promosikan pada beberapa iven," ucap Sopandi. (sc)