Kolam Ikan Disapu Banjir, Warga Sentajo Kuansing Rugi Ratusan Juta

Sabtu, 13 Mei 2017

Terjangan banjir ternyata dirasakan pula oleh warga di hulu Kuansing. Kolam ikan warga Sentajo disapu banjir dan meludeskan isinya. Warga rugi ratusan juta.

INHILKLIK.COM, TELUK KUANTAN - Banjir bandang yang terjadi dinihari tadi ternyata tidak hanya terjadi di daerah bagian hulu di Kuansing. Tapi, daerah bagian hilir Kuansing terjangan banjir tak kalah hebatnya.

Akibat terjangan banjir diwilayah hilir tepatnya di Kecamatan Sentajo, banjir bandang ini telah meluluhlantakan puluhan kolam ikan milik warga setempat. Ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Warga setempat kepada riauterkinicom, Iyus menceritakan akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kuantan Singingi Jumat malam (12/5/2017) kemarin, beberapa kolam ikan milik warga jebol akibat derasnya debit air. Akibatnya, ikan yang ada di kolam habis terbawa arus.

Dikatakannya, kolam ikan yang paling banyak hancur diwilayah Sungai Lintang Desa Muaro Sentajo, Kolam ikan yang hancur tersebut antara lain kolam ikan milik Suhono yang rencananya mau panen pada hari kejadian banjir bandang (sabtu red). Selain itu, kolam ikan milik Taupik yang rencana mau dipanen dua hari lagi.

Ditambahkannya, kolam ikan milik Alpion yang sudah berumur sekitar 6 minggu juga digerus banjir. Selain itu ada juga kolam ikan milik Bujang yang sudah berumur 6 bulan, dan kolam ikan milik Liadi Nimbong, kolam ikan milik Eri, kolam ikan milik Cikman, miliki Suadi, milik Lukman dan beberapa milik warga lainya.

Sementara itu, petani ikan setempat menjelaskan akibat terjangan banjir bandang ini mereka merugi rata- rata satu kolam berisi sekitar 10 ribu hingga 15 ribu bibit ikan. Kini mereka hanya bisa berharap agar Pemerintahan Kuansing melalui Dinas Perikanan agar bisa membantu bibit ikan untuk mereka. Supaya para petani ikan bisa bangkit lagi dari kebangkrutan akibat bencana alam dinihari tadi. (rtc)