Capai Titik Terang, Kuala Enok Inhil Jadi Pelabuhan Curah CPO

Ahad, 28 Mei 2017

INHILKLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Pengoperasian Pelabuhan Kuala Enok, Indragiri Hilir (Inhil), Riau sudah mendapat titik terang. Dimana pelabuhan tersebut akan dijadikan sebagai pelabuhan curah Crude Palm Oil (CPO).

Kepastian tersebut setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan pertemuan dengan pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I di Sumatera Utara beberapa hari lalu. Dalam pertemuan itu membahas pengembangan kawasan ekonomi Kuala Enok.

Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto kepada Wartawan, Ahad (28/5/2017). Kata dia, Pelabuhan Kuala Enok akan menjadi pusat pelabuhan curah yang akan mengakomodir empat daerah berdekatan dengan pelabuhan itu. Seperti Inhu, Kuansing, Siak dan Pelalawan.

"Kita (Pemprov Riau) sangat mendukung rencana itu, supaya bisa terlaksana dan direalisasikan sesuai dengan rencana," harapnya.

Sementara itu, upaya perbaikan infrastruktur seperti jalan penghubung ke arah pelabuhan itu juga tengah dikebut. Pemprov Riau berharap realisasi Pelabuhan Kuala Enok, Inhil ini sebagai pusat pelabuhan curah CPO bisa segera terlaksana.

"Dalam pertemuan itu juga disepakati, bahwa kita Pemprov Riau bertanggung jawab dari sisi daratnya, seperti jalan menuju pelabuhan itu bisa dilewati dengan tonase yang telah disepakati," bebernya. (ckp)