Wabup Kuansing Sebut Anggaran Pembangunan Infrastruktur Hulu Kuantan Rp17 Miliar

Jumat, 02 Juni 2017

INHILKLIK.COM, TELUK KUANTAN - Tadi malam, Kamis (1/5/17) rombongan Safari Ramadhan dari Pemkab Kuansing yang dipandu oleh Wakil Bupati, H Halim berkunjung ke Mesjid Jamik Dusun 1 Koto, Desa Koto Kombu, kecamatan Hulu Kuantan. Dalam kunjungan tersebut, Wabup Halim dan rombongan disambut meriah oleh masyarakat setempat. Bahkan kunjungan warga yang antusias untuk menghadiri safari Wabup Halim itu meluber hingga keluar mesjid.

Sebelum bertolak ke mesjid tersebut, rombongan Wabup Halim terlebih dahulu buka bersama dengan warga Kecamatan Hulu Kuantan di Kantor Camat setempat. Tanpa hadir bersama Wabup Haiim, kepala sejumlah Kadis, Kaban dan Kabag serta Wakapolres Kuansing. Selain itu juga hadir Ketua Baznas Kuansing, Chaidir Arifin.

Sementara dari warga setempat yang hadir menyambut kedatangan wabup Halim dan rombongan adalah, Camat Hulu Kuantan, Hamiyudin beserta seluruh jajaran pemerintahan kecamatan, jajaran Polsek Hulu Kuantan, para guru dan tokoh masyarakat setempat dan sejumlah elemen masyarakat.

Saat memberikan sambutan dihadapan masyarakat setempat tadi malam, Wabup Halim menjelaskan jika dalam tahun anggaran 2017 ini, Pemkab Kuansing telah mengalokasikan Rp17 Miliar untuk pembangunan sejumlah inprstruktur di Kecamatan Hulu Kuantan.

Dia merincikan, dari Dinas Pekerjaan Umum yaitu berupa peningkatan jalan dan pegaspalan Jake -Koto Kombu dari Dana Alokasi Khusu (DAK) sebesar Rp14 miliar lebih. Selanjutnya, pembuatan tanggul di Desa Sungai Kelalawar juga dari DAK senilai Rp500 juta.

Sementara itu dari Dinas Pertanian berupa pembangunan jalan produksi perkebunan Desa Mudik Ulo sebesar Rp186 juta. Penyediaan sarana produksi pertanian, bantuan bibit sawit program unggulan 65 hektar dengan nilai Rp 395 juta lebih.

Dan dari Dinas Pendidikan berupa rehab SDN 04 Koto Kombu senilai Rp239 juta lebih. Pengadaan mobiler SD N003 Mudik Ulo sebesar Rp 70 juta. Selanjutnya, pembangunan ruang kelas SDN 003 Mudik Ulo sebesar Rp349 juta lebih. Pengadaan mobiler SMP N1 Hulu Kuantan sebesar Rp 184 juta lebih dan pembangunan taman dan lapangan Upacara SMPN 2 Hulu Kuantan senilai Rp185 juta lebih.

Dalam kesempatan itu, Camat Hulu Kuantan juga mengusulkan beberapa pembangunan inprastruktur jalan untuk Desa Koto Kombu berupa pengaspalan jalan utama sepanjang 1,5 kilometer. Sebab kata Camat Hamiyudin, masyarakat Desa JKoto kombu sudah lama mendambahkan perbaikan jalan utama ini serbagai akses keluar masuk ke desa tersebut. Menurut Hamiyudin, jalan itu hingga saat ini masih merupakan tanah merah dan tidak layak lagi untuk dilewati. Karena jika musim hujan, masyarakat setempat akan dilumuri oleh lumpur jalan. Dan tak sedikit pula masyarakat setempat sering jatuh akibat licinnya jalan tersebut.

Mendengar pentingnya akses jalan tersebut, Wabup Halim cukup terkesima mendengar usulan camat Hamiyudin. Menjawab usulan itu, Wabup Halim berjanji akan mengalokasikan anggaran untuk pengaspalan jalan itu pada tahun 2018 mendatang. " Kita tetap komit membangun Kuansing ini lebih baik, jika ada ada dana akan langsung kita salurkan, jika tidak, pada tahun 2018 nanti kita anggarkan pengaspalannya," tutur Wabup Halim.

Terimah Kasih MH.

Dalam kunjungan tadi malam, Wabup Kuansing juga menyerahkan bantuan Pemkab Kuansing untuk mesjid setempat sebesar Rp24 juta lebih, selain itu istri Wabup Kuansing, Yuni Warti Halim yang juga turut hadir bersama wabup Halim juga memberikan bantuan. Selain itu, Baznas Kuansing juga memberikan bantuan untuk Kecamatan Hulu Kuantan sebesar Rp91 juta.

Atas sejumlah bantuan itu, masyarakat setempat mengucapkan terimahkasih kepada Pemerintahan Mursini -Halim (MH) yang telah bersedia mengunjungi perkampungan tersebut dan telah menerima aspirasi warga. "Terimahkasih banyak kita ucapkan untuk MH, karena aspirasi kita sebagai masyarakat Koto kombu ditanggapi dengan baik. Dan atas bantuan Pemkab ini akan kita pergunakan sebaik mungkin," ujar Kades Koto Kombu, Firdaus. (rtc)