Cara agar Lamaranmu Dilirik Perusahaan

Ahad, 04 Juni 2017

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Setelah melalui segala rangkaian ujian akhir dan lulus dari perguruan tinggi, target kamu selanjutnya pasti mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan perkuliahan atau sesuai minat.

Namun, untuk mendapatkannya tentu memerlukan strategi khusus. Pasalnya, ribuan orang di luar sana yang baru saja lulus juga mengincar posisi yang sama dalam karier.

Tidak perlu takut, kami memiliki cara agar lamaranmu dilirik perusahaan. Berikut uraiannya dilansir dari laman Tech In Asia, Minggu (4/6/2017).

Membuat E-mail yang Baik

Sekarang ini jarang perusahaan yang meminta kamu untuk menulis lamaran berlembar-lembar kertas dan meletakkannya ke kantor mereka. Zaman ini, eranya dunia digital. Banyak perusahaan besar hanya menaruh lowongan kerja di website, media sosial, atau situs pencari kerja seperti LinkedIn atau JobStreet. Tak jarang, perusahaan meminta kamu mengirim lamaran kerja melalui e-mail.

Soal e-mail ini yang kerapkali disepelekan. Padahal, tanpa disadari memiliki dampak yang besar untuk peluang kerjamu. Buatlah e-mail yang baik dan benar. Tulislah subjek dan badan e-mail secara jelas agar penerima e-mail pun tak membuat bingung. Tulis tentang diri kamu dari segi perkenalan singkat dan capaian-capaian di badan e-mail. Jangan lupa, di akhir e-mail, bubuhkan terima kasih.

Membuat CV yang Memikat

Sudah tak zamannya lagi membuat curiculum vitae yang sedang-sedang saja alias hanya mencantumkan data pribadi dan latar pendidikan serta membuatnya hanya dengan Ms Word. Namun bukan berarti pula kamu harus membuat CV yang menonjolkan elemen visual di mana-mana dan membuatnya terkesan "rame".

Sekarang ini banyak situs yang menyediakan CV maker atau pembuatan CV yang simpel dan menarik secara gratis.

Di situs itu, telah tersedia berbagai template yang sesuai dengan kepribadian. Kamu juga diminta mencantumkan capaian kerja atau pengalaman kerja. Misalnya, pengalaman magang atau pengalaman memegang proyek tertentu.

Cantumkan juga pengalaman organisasi kamu dan sejumlah prestasi yang pernah kamu raih namun masih relavan dengan posisi yang kamu lamar. Itu bakal menjadi poin plus kamu!
(OKZ)