Pangeran Arab Bagikan Pengalamannya Kali Pertama Berpuasa di Luar Angkasa

Ahad, 04 Juni 2017

Puasa dimanakah yang terasa berbeda menurut Anda? Pernahkah Anda membayangkan rasanya berpuasa di luar angkasa? Pasti belum kan, Pangeran Arab pernah, lho. Simak ceritanya, yuk!

Adalah Sultan bin Salman Al Saud, Pangeran Arab yang pernah menjalani ibadah puasa di antariksa. Kala itu pada 1985, ia jadi muslim pertama yang menjalani ibadah puasa Ramadan di luar angkasa.

Ketika menjadi astronaut dengan spesialis di wahana Discovery milik NASA, Sultan pergi meninggalkan bumi pada Ramadan 1405H. Seperti yang dikutip dari Arab News pada Minggu (4/6/2017), "Perjalanan itu awalnya dijadwalkan mulai 24 Ramadan tapi ditunda hingga 29 Ramadan," kata Sultan.

Sebelum bertolak ke luar angkasa, Sultan bertanya pada Sheikh Abdul Aziz Bin Baz perihal panduan melakukan puasa di luar angkasa. Pada tanggal keberangkatannya itu pula Sultan melakukan sahur dan salat subuhnya sebelum terbang.

Selama di antariksa, Sultan tidak hanya berpuasa dan salat di sana, tapi juga membaca Al-quran. Ia menggunakan waktu bumi tempatnya berangkat sebagai acuan untuk berbuka puasa dan salat.

Untuk wudhu, Sultan menggunakan handuk basah, karena tidak mungkin menggunakan air di luar angkasa, mengingat tidak ada gravitasi. Bahkan, Sultan mampu mengkhatamkan Al-quran hanya dalam 6 hari saja selama di antariksa! Sultan pun melengkapi Ramadannya dengan merayakan Idul Fitrinya di sana. (hrc)