Inilah Penyebabnya Danau Wisata Tanjung Putus Sunyi

Senin, 05 Juni 2017

Kadisbubparpora Kab Pelalawan Andi Yuliandri.

INHILKLIK.COM, PELALAWAN - Danau Wisata Tanjung Putus yang terletak sekitar 8 Km atau lebih tepatnya sekitar 15 menit dari pusat kota Pangkalan Kerinci dengan memakai kendaraan bermotor serta akses jalan yang baik atau 30 menit melalui jalur sungai dari Desa Kuala Terusan, merupakan satu dari sekian Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang ada di Kabuoaten Pelalawan, Riau.

Danau yang cukup asri tersebut terdapat hanparan pantai pasir putih serta hijaunya kawaan hutan alam serta tenangnya aliran air yang cukup menjanjikan bagi para pengunjung maupun pemancing mania.

Namun disaat libur panjang bulan ramadan, kawasan wisata andalan masyarakat Pangkalan Kerinci ini terlihat sepi dari pengunjung maupun pemancing. Hal ini disebabkan singkatnya waktu untuk untuk bermain demikian juga dengan masa ibadah.

"Benar bang, sangat sepi dari kunjungan masyarakat. Tidak seperti hari-hari libur panjang yang tidak bertepatan dengan ramadan" ujar Atan pengong seorang pemilik boat yang biasa disewa pengunjung buat keliling maupun memancing pada Media di Kuala Terusan, Minggu (04/06/2017).

Padahal kondisi libur begini cukup baik digunakan untuk melepaskan lelah maupun untuk menjernihkan pemikiran dengan menikmati panorama alam serta kicauan burung dan hewan di hutan sepanjang pinggiran danau.

"Terasa juga liburan ramadan ini secara ekonomi dengan tidak adanya yang berkunjung," kuluh Atan dengan sedikit menghela napas panjang.

Menurut sebagian warga, sunyinya kawasan ini memang dipicu karena kondisi libur panjang bertepatan dengan bulan ramadan.

Bila dilihat kalkulasi kunjungan yang didapat media ini Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pelalawan, angka kunjungan disaat libur panjang cukup tinggi sekitar ratusan orang perminggunya.

Kadisbudparpora Kabupaten Pelalawan, Andi Yuliandri menyebutkan kunjungan tersebut akan mulai membaik disaat Idul Fitri lebaran. "Di mendekati lebaran kita akan coba membenahi lokasi agar kenyamanan dalam menikmati panorama alam Tanjung Putus oleh pengunjung dapat dinikmati dengan rasa puas," kata Andi, di kantornya Senin (05/06/2017). (rbc)