Tingkatkan Kemampuan ASN, Pemkab Inhil Gelar ANJAB dan Job Grade

Kamis, 08 Juni 2017

INHILKLIK.COM, INDRAGIRIHILIR - Tingkatkan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN)  dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Asisten II Setdakab Inhil buka kegiatan Instrumen Analisis Jabatan (ANJAB) dan Penyusunan Kelas Jabatan/Job Grade, Kamis 8 Juni 2017.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dipusatkan di Aula Bappeda Inhil dengan menghadirkan dua orang narasumber dari BKN Kantor Regional Pekanbaru.

Tak hanya ANJAB dan Job Grade dalam kegiatan itu juga digelar Standar Kopetensi Jabatan untuk merealisasikan amanat UUD No.5 TH 2014 tentang ASN.  Dalam sambutanya Asisten II Setdakab Inhil, Rudiansyah mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan menumbuhkan
akuntabilitas kinerja kelembagaan yang optimal. Karena menurutnya, fungsi dan tugas pokok kelembagaan akan sesuai dengan desain struktur yang berorientasi pada visi, misi dan tujuan organisasi.

Sementara itu pelaksanaan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pedoman yang baik dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur dalam melaksanakan program analisis jabatan pada masing-masing unit kerja.

"Sehingga diharapkan dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik," katanya.

Dijelaskannya, dalam pernyelenggaraan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja ini bertujuan untuk mengukur dan menghitung beban kerja setiap jabatan atau unit kerja dalam rangka efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas serta meningkatkan  kapasitas organisasi yang profesional, transparan, proporsional dan rasional.

"Analisis jabatan dan analisis beban kerja yang disusun ini nantinya akan mengarah kepada evaluasi jabatan, yang mana hasil dari evaluasi jabatan akan dapat ditetapkan kelas jabatan (job grade) dan standar kompetensi manajerial yang akan digunakan sebagai dasar dalam pemberian tambahan penghasilan ASN," tandasnya.(r24)