Perbaiki Perkebunan Kelapa di Inhil, 16 Unit Eskavator Dikerahkan

Kamis, 29 Juni 2017

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil terus menerus melakukan pembenahan, pembinaan dan pengayoman terhadap usaha perkebunan kelapa rakyat, yang menjadi bagian penting dalam pembangunan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

 

Sebagai wujud kepedulian pada persoalan yang dihadapi oleh perkebunan kelapa rakyat, maka dalam program pembangunan sektor kelapa rakyat dilakukan perbaikan kerusakan tanggul perkebunan kelapa, mekanik dan manual maupun pintu klep.

 

Seperti salah satunya, Pemkab menyediakan 10 ekskavator dari bantuan Provinsi Riau dan 6 dari APBD Inhil.

Selain itu, Pemkab juga memperjuangkan terealisasi Sistem Resi Gudang (SRG) dan Tata Niaga Kopra yang saling menguntungkan dan mengacu pada mekanisme pasar.

 

Tidak hanya itu, Pemkab juga turun tangan dalamnya memediasi dan mengatasi permasalahan masyarakat dengan pihak perusahaan perkebunan.

 

Serta memberikan bantuan bibit kelapa unggul bagi petani yang kebun kelapanya sudah tidak produktif.

 

''Alhamdulillah, langkah dan kebijakan yang telah dilakukan di atas memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha perkebunan kelapa rakyat, serta mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Riau, dimana pada tanggal 25 Januari 2016 tahun lalu, Plt. Gubernur Riau menyerahkan Pro Otonomi Award, kategori Pembangunan Kelapa Rakyat. Namun yang jauh penting dari penghargaan ini, yaitu kemanfaatan yang besar dari langkah dan kebijakan yang telah diambil untuk kesejahteraan petani kelapa,'' tukas HM Wardan dalam sambutannya beberapa waktu lalu.(adv)