Dit Binmas Polda Riau Sosialisasi Pilot Project Polmas di Inhil

Jumat, 30 Juni 2017

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Direktorat Pembimbingan Masyarakat (Binmas) Polda Riau, Kamis (29/6/2017) malam, menggelar sosialisasi penetapan Pilot Project Polmas di lingkungan Polres Inhil. Acara dihelat di rumah makan Seafood Friska, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Sosialisasi itu dilaksanakan oleh tim Polda Riau dipimpin oleh Kabag Bin Opsnal Dit Binmas Polda Riau, AKBP Imam Saputra SIK MSi, yang dihadiri oleh Wakapolres Inhil Kompol Dr Azwar SSos MSi MH serta beberapa Kasat dan Kapolsek di jajaran Polres Inhil.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Imam memberikan arahan kepada para perwira di jajaran Polres Inhil yang hadir tentang program Perpolisian masyarakat (Polmas)

Usai memberikan pengarahannya tentang Polmas, tim Asistensi selanjutnya melakukan pengecekan dan penilaian terhadap sejumlah Pos Kamling. Di antaranya Pos Kamling di RT 002 RW 013 di Kelurahan Tembilahan Hulu.

Di Pos Kamling ini, tim disambut oleh Lurah Tembilahan Hulu H Saini Hamzah SSos yang didampingi oleh beberapa Ketua RT di Kelurahan Tembilahan Hulu.

Adapun item penilaian yang dilakukan mencangkup beberapa kriteria seperti ukuran Pos Kamling, Sarana dan Prasarana Pos Kamling. Seperti lonceng, pentungan, senter, lampu, borgol, tali, kotak P3K, ban lengan kamling, alat pemadam kebakaran, buku mutasi, jam dinding, jas hujan, pengeras suara, peta wilayah, papan nama Pos Kamling, alat komunikasi (alkom) dan beberapa peralatan lainnya.

Selain itu tim juga menilai prosedur dan cara bertindak dalam menghadapi bencana kebakaran, bahaya banjir, gantung diri, pencurian, laka lantas dan kemungkinan adanya kasus pembunuhan serta kejahatan lainnya.

Dalam kesempatan itu, AKBP Imam juga menyampaikan beberapa koreksi untuk lebih memaksimalkan peran dan potensi Pos Kamling, diantaranya dengan menyediakan sepeda motor untuk stand by, yang dapat dipergunakan kapan saja bila dibutuhkan mendadak.

AKBP Imran berharap, Polres Inhil dan jajarannya serta para Bhabinkamtibmas dapat lebih bekerja keras di lapangan dan ciptakan terobosan-terobosan kreatif agar bisa mengamban tugas Polri di lapangan. (ckp)