Antisipasi Pengurangan DAU, Pemkab Siak Akan Lakukan Rasionalisasi di APBD P 2017

Selasa, 18 Juli 2017

INHILKLIK.COM, SIAK – Bupati Siak, Syamsuar, menghadiri Rapat Paripurna DPRD yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Siak Gedung Panglima Ghimbam, Senin (17/7/2017).

Dalam rapat tersebut Syamsuar menyampaikan beberapa hal, di antaranya tentang Ranperda Inisiatif DPRD serta Pandangan umum dari fraksi terhadap Laporan pertanggung jawaban APBD tahun 2016, APBD P 2017 dan Penyampaian empat Ranperda.

Syamsuar mengatakan, adanya Ranperda Inisiatif DPRD mencerminkan keseimbangan peran antara Eksekutif dan Legislatif dalam penyelenggaraan Pemerintah.

“Mudah – mudahan dengan keseimbangan peran tersebut diharapkan dapat mempercepat realisasi visi dan misi kabupaten siak dalam beberapa tahun kedepan”, harap Syamsuar.

Terkait APBD P 2017, Syamsuar mengatakan bahwa informasi dari kementrian keuangan untuk dana alokasi umum (DAU) tahun 2017, yang kemungkinan akan dilakukan pengurangan sebesar 3-4 persen dari target yang diterima daerah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tambah Syamsuar, pada triwulan ke IV, pemerintah daerah kabupaten siak pada rancangan APBD P 2017 akan melakukan rasionalisasi.

“Kemungkinan timbulnya kesulitan dan hambatan dalam implementasi perda perlu menjadi catatan kita bersama untuk didiskusikan secara intensif dalam pembahasan dengan berbagai pihak”, pungkasnya. (krn)