Karlahut Mulai Melanda Rohil

Selasa, 25 Juli 2017

Karlahut mulai terjadi di sejumlah titik di Rohil. Seorang terduga pelaku pembakar hutan berhasil dibekuk.

INHILKLIK.COM, UJUNGTANJUNG - Kebakaran lahan dan hutan (karlahut) mulai terjadi di Rohil. Lokasi kebakaran di antaranya Bangko Pusako, Pasir limau Kapas dan Serusa, Kecamatan Bangko, dimana satu pelaku berhasil dibekuk.

Kejadian tersebut diungkapkan Kapolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis, SIK, MH melalui Kasubag Humas Polres, Aiptu Yusran Pangeran Chery, SH, Selasa (25/7/17).

Penanganan kebakaran di Kecamatan Bangko Pusako, Senin (24/7/17), hanya satu titik api di Dusun Balam Utara Kepenghuluan Bangko Bakti, lahan terbakar 1 hektar, gambut.

Kekuatan personil pemadaman dan pendinginan, Polri : 14 orang, TNI : 5 orang, PT. SRL : 28 orang, peralatan yang digunakan, Mini Stricer 3 unit, M3 1 unit, Miss Blower 1 unit, Selang 40 gulung. Kendala, kondisi jalan menuju lokasi kebakaran yang sangat sulit ditempuh. Kondisi terakhir : api sudah dapat dipadamkan (MOAP 100%).

Hari yang sama juga terjadi karlahut di Dusun Darul Iksan RT 002 RW 13 Kepenghuluan Panipahan Laut Kecamatan Pasir Limau Kapas, titik koordinat: Lat : N2°26'0.5532, Long : E100°18'25.452, luas lahan yang terbakar lebih kurang 2 ha, pemilik lahan, Sobidin, (dalam lidik), jenis lahan: semak belukar bergambut.

Pemadaman dengan kekuatan 21 orang, Polsek : 6 personil, pihak kecamatan, 2 orang , TNI : 1 personil, MPA 2 orang, Aparat Kepenghuluan 4 orang, masyarakat 6 orang. Menggunakan 1 (satu) buah mesin merk Honda, 1 (satu) buah mesin merk Robin, 4 (empat) gulungan selang air 2 ( buah) nojel.

Hambatan, perjalanan atau jarak tempuh ke lokasi dari Polsek Panipahan +/- 20 km (R2 : 1 jam) perjalanan, akses jalan menuju lokasi sangat sulit dan hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh lebih 200 m.

Lahan yang bergambut membuat pemadaman agak lambat, hasilnya api berhasil di padamkan namun asap masih ada terlihat di lapangan, sampai saat ini masih dilakukannya pemadaman di lokasi lahan yang terbakar yaitu api yang tersisa dilahan gambut tersebut.

Sementara itu, seorang pelaku karlahut berhasil ditangkap di Kepenguluan Serusa Kecamatan Bangko, dimana Senin (24/7/17) sekira pukul 10.30 wib Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Serusa beserta Anggota Reskrim Polsek Bangko berangkat menuju Kepenghuluan Serusa untuk mengecek kebenaran titik hot spot hasil pantauan Satelit Modis (Terra dan Aqua) titik koordinat "Serusa Lat 2,258 Long 100,806, hari Senin tanggal 24 Juli 2017 ".

Sesampainya di TKP di jalan Bangun Sari (Jalan Lontong ) RT 007 Dusun II RW 003 Kepenghuluan Serusa di jumpai pelaku karlahut atas nama Sugianto alias Anto bin Suratmo (55), kelahiran Jawa Tengah 5 Maret 1962, beralamat Gang Sidomulyo RT 03 RW 02 Kepenguhuluan Rimba Jaya Kecamatan Rimbo Melintang.

Dimana saat di jumpai pelaku tertangkap tangan sedang mengolah lahan dengan cara membakar menggunakan mancis yang di bakarkan ke rumput kering ( kayu kering ) sehingga api merambat membakar lahan yang dalam keadaan kering luasnya lebih kurang 30M x 40M (lebih kurang 1 Ha).

BB yang di amankan, 1 buah mancis, 1 bungkus rokok merk Elite, 1 buah parang, 1 buah tas kecil, 1 unit HP merk Nokia, potongan dahan dan ranting serta rumput kering dalam keadaan terbakar.

Hasil konfirmasi terhadap pelaku, pelaku mengakui sengaja membakar lahan tersebut dengan tujuan untuk menanam bibit labu. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti telah di amankan di Mapolsek Bangko guna pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ini team karlahut Polsek Bangko di bantu dengan perangkat desa dan masyarakat setempat sedang memadamkan sisa api yang ada. (rtc)