7 Jenis Cinta yang Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya

Rabu, 27 September 2017

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Selama ini yang kita tahu cinta itu Cuma dimiliki sama orang-orang yang pacaran, emang sih karena kalau gak cinta pasti gak bakal bersatu kan? Cuma menurut seorang psikolog Robert J. Sternberg, cinta itu gak Cuma satu jenis tapi ada 7 jenisnya. Menurut kamu bener gak sih?

 

7-Jenis-Cinta-yang-Belum-Pernah-Kamu-Tahu-Sebelumnya-oleh-SegiEmpatMenurut Robert yang penggagas teori “triangular of love” mengatakan kalau dalam cinta itu terdapat tiga komponen. Pertama adalah intimacy, komponen ini merupakan kedekatan diri yang mengarah pada sebuah hubungan, kepercayaan dan kehanganan. Kedua adalah passion, ini merupakan komponen motivasi yang cenderung didasari oleh hasrat fisik atau seksual. Dan komponen ketiga adalah commitment yaitu komponen yang berkaitan terhadap pola pikir untuk mencintai dan tetap bersama, atau seperti artinya yaitu berkomitmen untuk mempertahankan hubungan.

Nah, kira-kira nih hubungan kamu sama si dia termasuk dalam jenis cinta yang mana? Dari pada nebak-nebak langsung aja deh, berikut 7 jenis cinta yang belum pernah kamu tahu sebelumnya.

Jenis “Empty Love”

Jenis ini menurut Robert termasuk dalam komponen commitment, yang mana cinta yang ada di dalamnya tumbuh sebuah komitmen kuat untuk mempertahankan hubungan. Mereka yang berada di jenis ini cenderung memiliki hubungan yang langgeng karena komitmen memang merupakan komponen yang membuat hubungan it uterus bertahan.

Jenis “Liking”

Jenis cinta ini termasuk di bagian komponen intimacy, yang mana di dalamnya ada perasaan dekat, kasih sayang, kehangatan, dukungan emosional dan pengertian. Jenis ini paling banyak terjadi dalam sebuah hubungan pertemanan.

Jenis “Romantic Love”

Sementara untuk jenis romantic love, menurut Robert berada di dua komponen yaitu intimacy dan passion. Jenis ini didalamnya ada perasaan kedekatan secara emosional dan daya tarik secara fisik serta seksual. Sayangnya jenis ini tidak memiliki komitmen.

Jenis “Companionate Love”

Kedekatan secara emosional dan memiliki sebuah komitmen, itu adalah perasaan yang dirasakan oleh mereka yang termasuk jenis companionate love. Jenis ini sendiri termasuk pada komponen intimacy dan commitment sehingga cinta jenis ini langgeng dan hubungan mereka cenderung sehat.

Jenis “Infatuation”

Kamu-kamu yang sering merasa “cinta pada pandangan pertama” berarti kamu termasuk jenis ini. Cinta jenis infatuation ini termasuk pada komponen passion yang lebih tertarik secara fisik dan seksual. Sayangnya cinta jenis ini cenderung cepat hilang karena tidak ada kedekatan emosional dan komitmen di dalamnya.

Jenis “Fatous Love”

Ini nih mungkin yang termasuk pacaran gaya anak-anak alay sok gaul yang dikit-dikit main di wisma. Karena jenis cinta itu termasuk komponen passion dan commitment, yang mana di dalamnya hanya terdapat ketertarikan secara fisik atau seksual sehingga membuat hubungan mereka bertahan. Dalam artian hubungan mereka bertahan hanya karena fisik dan seks tanpa ada rasa kedekatan emosional.

Jenis “Consumate Love”

Menurutu Robert, jenis cinta ini menjadi gambaran hubungan yang ideal, karena di dalamnya ada rasa kedekatan emosional, ketertarikan fisik dan seksual serta komitmen. Sayangnya hubungan yang ideal ini kadang cukup sulit untuk dipertahankan.

Nah, yang pacaran atau yang udah nikah cinta kalian termasuk jenis yang mana nih? (segiempa)