Penyebab Bentrok Mahasiswa Universitas Riau Ternyata karena Hal Sepele

Senin, 09 Oktober 2017

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru berjanji akan menyelidiki pemicu insiden bentrokan ratusan mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau, pada Kamis 5 Oktober 2017 sore.

"Kita masih terus gali pemicu bentrokan ini. Sekarang kami masih fokus melakukan mediasi dulu," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi, di Pekanbaru, Jumat (6/10/2017).

Meski masih mendalami pemicu insiden bentrokan tersebut, ia mengatakan pihaknya menerima informasi awal bahwa bentrokan itu disebabkan masalah sepele.

Ia menjabarkan, insiden berawal saat mahasiswa Fisip yang pada Kamis siang sedang menggelar kegiatan wisuda. Pada saat bersamaan, sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik yang juga menggelar wisuda melakukan konvoi dan melintas di depan gedung kampus Fisip.

"Informasinya konvoi mereka memancing amarah mahasiwa Fisip yang saat itu sedang ada kegiatan Kampus karena kendaraan mereka sengaja digeber," ujarnya.

Selain akibat masalah sepele tersebut, Edy menambahkan masalah klasik antara dua fakultas itu menjadi alasan pemicu bentrokan.

"Jadi informasinya juga ada masalah klasik dua fakultas ini yang sampai saat ini belum terselesaikan. Mudah-mudahan selesai dan tidak terjadi insiden serupa," urainya.

Bentrokan dua dakultas di Universitas Riau terjadi sejak Kamis sore. Hingga malam sekitar pukul 22.00 WIB, suasana kampus masih mencekam. Aksi saling serang terjadi hingga menyebabkan sejumlah mahasiswa terluka. Aksi tersebut diperparah dengan pembakaran sejumlah papan bunga ucapan selamat wisuda.

Bentrokan antara Fisip dan Teknik Universitas Riau bukan kali ini saja terjadi. Dalam beberapa kesempatan beberapa tahun lalu, bentrokan antar penuntut ilmu perguruan tinggi negeri itu pernah terjadi. (okz)