Kuota Bertambah, Elpiji Melon Malah Langka

Senin, 23 Oktober 2017

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Industri dan Usaha Kecil Menengah H Tarmis SPd MH

INHILKLIK.COM, KUANSING - Masyarakat Kuansing belakangan ini bingung mencari elpiji 3 kilogram di pasaran. Salah satunya di Kecamatan Hulu Kuantan.

Pasalnya, hampir satu pekan terakhir ini masyarakat harus membeli gas elpiji tiga kilogram ke daerah lain.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Industri dan Usaha Kecil Menengah H Tarmis SPd MH mengaku bahwa kuota Gas elpiji 3 kilogram sebenarnya ada penambahan.

"Ini masalah antre saat pengisian yang antre di pangkalan. Kalau kuota kita menambah setiap tahun. Kalau dibandingkan dari tahun 2016 yang hanya 2.055.000 tabung, tahun ini ditambah sebanyak 172 tabung," ujar Tarmis.

Tarmis juga mengatakan, tingginya kebutuhan masyarakat belakangan ini membuat stok yang ada di pengecer tidak mencukupi. Apalagi di daerah yang tingkat ekonominya tinggi.

"Biasanya pengguna gas elpiji yang paling banyak diperlukan bagi masyarakat kita yang usaha menengah kecil seperti penjual goreng dan masakan kaki lima," ujar Tarmis lagi.

Salah seorang pengecer gas elpiji, Sian mengaku kerepotan dengan tuntutan masyarakat yang hampir setiap hari mempertanyakan gas elpiji 3 kilogram. "Saya sekarang sedang mengurus penambahan kuota. Kemaren baru saja datang, sudah habis.

Masyarakat sudah menitipkan tabung gas mereka sebelum gas datang," kata Sian.

Salah seorang warga Hulu Kuantan bernama Metralendi mengaku sejak hari Kamis mencari gas elpiji 3 kilogran.

"Saya sudah berulang kali mencari gas. Baru tadi pagi saya mendapatkannya. Itupun di Kecamatan Kuatan Mudik," ujar Metralendi.

 

Riaupotenza