Cuaca Panas Terik, Warga Riau Diminta Banyak Minum Air Putih

Selasa, 24 Oktober 2017

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Sudah dua pekan belakangan cuaca panas terik melanda provinsi Riau.  Bahkan,  tidak sedikit warga terserang dehidrasi, batuk dan radang tenggorokan.

Dinas Kesehatan Riau, mengeluarkan maklumat agar warga untuk banyak-banyak minum air putih.

Imbauan ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir kepada wartawan, Selasa (24/10/2017). Ia mengatakan kondisi ini memang tidak bisa dihindari sehingga perlu ada upaya antisipasi agar daya tahan tubuh tetap kuat dan tidak mudah diserang penyakit.

"Agar tubuh tetap fit tentu harus ada antisipasi dengan rutin memakan makanan sehat dan kaya nutrisi. Ini sangat penting untuk menjaga badan tetap fit," ujar Mimi.

Dikatakan Mimi, selain mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi, juga harus dibarengi dengan rajin minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan supaya tidak dehidrasi apalagi yang sering beraktivitas di luar ruangan.

"Perbanyak konsumsi sayuran buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C serta antioksidan dan hindari makanan atau minuman yang dingin, karena perubahan suhu yang tiba-tiba juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun," ungkapnya.

Berdasarkan data BMKG hari ini di Riau ada 2 terpantau titik panas (hotspot) yakni di Bengkalis dan Pelalawan. "Hari ini ada 2 titik api di Riau. Satu diantaranya yakni di Bengkalis memiliki potensi besar adanya kebakaran hutan dan lahan," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Selasa (24/10/2017).

Dikatakan Slamet, untuk suhu udara di Riau berada di angka 23.0 - 35.0 °C dengan Kelembapan udara 48 - 96 %. Sementara arah angin Bervariasi, dengan kecepatan 09 - 27 km/jam. (MCr)