Kenali Tanda Gawat Sesak Napas Pada Anak

Rabu, 15 November 2017

ilustrasi (int)

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Batuk, pilek, penyakit infeksi pernapasan atau tersedak, merupakan pemicu utama kondisi sesak napas pada anak. Ada orangtua yang langsung menyadari kalau anak mengalami sesak napas, namun banyak juga yang tak tahu hingga berakhir fatal.

Untuk mengetahui apakah anak mengalami sesak napas atau tidak, perhatikan 3 hal, yaitu wajahnya, kemampuan bernapas dan peredaran darah pada kulit. Seperti dikutip dari Ikatan 
Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak yang sesak napas cenderung gelisah, rewel dan napasnya sangat cepat.

Jika Anda curiga anak mengalami sesak napas, buka bajunya dan perhatikan pergerakan dadanya. Bisa melihat tarikan dinding perut bagian atas saat anak bernapas. Bila sesak bertambah parah akan terlihat tarikan dinding dada. Hidung juga kembang kempis dan terdengar bunyik 'ngik' dalam napasnya.


Bisa juga melakukan perhitungan napas selama 1 menit. Video di atas bisa bisa jadi petunjuk untuk mengetahui apakah anak termasuk sesak atau tidak. Para orangtua sebaiknya mengetahui cara menghitung napas, terutama mereka yang memiliki anak di bawah 2 tahun.

Apabila hasil perhitungan menunjukkan napas anak termasuk cepat, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Jika sudah semakin parah maka bisa sangat membahayakan nyawa anak.

Biasanya sesak napas susah tergolong berat apabila tangan dan kaki terlihat pucah. Wajah juga sangat kelelahan dan muncul keringat terus-menerus, serta munculnya bercak kebiruan di kulit. Kondisi ini menunjukkan anak butuh pertolongan segera di instalasi gawat darurat.

 

 

Sumber: IDAI/Dream