Polisi Ringkus Pelaku Ganjal ATM di Pekanbaru, Berikut 11 Tempat Beraksinya

Ahad, 03 Desember 2017

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Akhirnya Polisi berhasil mengungkap kasus pencurian di mesin ATM dengan modus ganjal ATM. Satu orang pelaku ditangkap, Sabtu (2/12/2017) sekitar pukul 03.00 WIB.

Adapun tersangka tersebut ialah Dicky Wahyudi alias AM. Pria 51 tahun ini diringkus oleh Tim Opsnal Polsek Sukajadi Pekanbaru.

Dari tangan tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti hasil curian dan alat yang digunakan untuk beraksi. Selain itu, uang tunai Rp1 juta, 33 buah kartu ATM, 1 buah tusuk gigi, 1 helai baju kaos warna hitam, 1 buah gergaji besi dan 1 lembar amplas.

Hal tersebut dibenarkan oleh, Kasubag Humas Polresta Pekanbaru, Iptu Polius Hendriawan mengatakan, Sabtu (2/12/2017) yang mengatakan, tersangka Dicky ditangkap saat berada disalah satu hotel di Pekanbaru. "Tersangka ini sudah beraksi 11 kali di wilayah Kota Pekanbaru," kata Polius.

Di jelaskannya, dalam aksi kejahatan itu, modus tersangka menggunakan kartu ATM dan tusuk gigi dimasukkan ke dalam mesin ATM. Apabila ada orang yang menggunakan mesin ATM tersebut, otomatis kartu tidak akan bisa ditarik.

Kemudian pelaku datang menghampiri korban dengan berpura-pura bisa membantu. "Tersangka beraksi pada Selasa (10/10/2017) yang lalu, sekitar pukul 21.45 WIB di ATM Mandiri RS Eria Bunda Jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru. Korban bernama Syamsul Bahri," kata Polius.

Pada saat kejadian, korban ingin mentransfer uang melalui ATM Mandiri. Namun setelah kartu ATM dimasukkan, malah tidak bisa keluar. Tak lama kemudian, pelaku mendekati korban dan menyuruh korban untuk menekan tombol angka Pin ATM. Namun keluar kertas slip transfer kosong.

"Pelaku mentransfer uang korban ke rekening yang sudah dipersiapkan. Sehingga pelaku pergi meninggalkan korban," kata Polius.

Masih belum percaya, kemudian korban pergi ke mesin ATM Mandiri di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (Uin Suska) Riau, untuk mengambil uang. Namun masih saja tidak bisa transfer. Selang beberapa menit kemudian, Handphone korban berdering, yang ternyata masuk SMS banking dan uang tabungan korban berkurang. Rp80 juta lenyap.

Dalam penyelidikan kasus pencurian dengan modus ganjal ATM di Jalan Ahmad Dahlan tersebut, Tim Opsnal Polsek Sukajadi berhasil mengendus keberadaan pelaku. "Tersangka ini ditangkap saat menginap di hotel di Pekanbaru. Saat itu tersangka tak berkutik ketika ditangkap," jelas Polius.

Sejauh ini, polisi masih melakukan penyelidikan dan pengembangan terhadap pengungkapan kasus pelaku modus ganjal ATM tersebut.

Berikut 11 Aksi Pencurian Modus Ganjal ATM Yang Dilakukan Dicky Wahyudi;

1. ATM Bank Mandiri di RS Eria Bunda Jalan A Dahlan, Sukajadi. Kerugian materi Rp80 juta

2. ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Durian, Sukajadi. Kerugian materi Rp2 juta

3. ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Durian Sukajadi. Kerugian materi Rp6 juta

4. ATM Bank Mandiri SPBU Rumbai Jalan Sekolah. Kerugian Rp3 juta

5. ATM Bank Mandiri SPBU Rumbai Jalan Sekolah. Kerugian materi Rp5 juta

6. ATM Bank Mandiri SPBU Rumbai Jalan Sekolah. Kerugian materi Rp1 juta

7. ATM Bank Mandiri Arena Pool Jalan Kuantan Raya Kec Limapuluh. Kerugian materi Rp15 juta

8. ATM Bank Mandiri Arena Pool Jalan Kuantan Raya Limapuluh. Kerugian materi Rp7 juta

9. ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Hangtuah ujung. Kerugian Rp3 juta

10. ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Imam Munandar, Bukit Raya. Kerugian Rp51 juta

11. ATM Bank Mandiri SPBU Jalan Arifin Ahmad. Kerugian Rp5 juta.

Ditotalkan semua yang pelaku sudah berhasil menguras uang dari ATM para korban sedikitnya Rp178 juta. (yan/senuju)