Jemaah Asal Lombok Ditinggal Travel di Jeddah, Menag Turun Tangan

Jumat, 01 Juni 2018

INHILKLIK.COM, JAKARTA - Sebuah screenshot foto viral di media sosial. Seorang pria sudah lima hari berada di Mekah. Dia juga hanya membawa pakaian seadanya dan tidak memiliki ponsel. Nahasnya lagi, dalam cerita yang dibagikan itu, si bapak ditangkap oleh pihak penanggung jawab umrah di Arab Saudi.

"Dititipin bapak ini pas pulang dari Jeddah. Beliau ditipu sama travel dijanjiin umroh+haji dengan biaya 50 juta. Bapak ini percaya karena udah pingin banget berangkat umroh dan haji. Setelah 5 hari di Mekkah, bapak ini ditinggal sama travelnya gak tau kemana (Mungkin karena ilegal juga ya umrah+haji). Akhirnya dia ditangkap dan dibawa sama Muassasah (penanggung jawab jamaah umroh) dan dititipin ke kita pas pulang karena gak tau cara pulang naik pesawat. Beliau berangkat sendirian, bawa baju cuman 3 potong, gak bawa hp juga. sudah nabung 20 tahun jualan padi + ubi di Lombok buat bisa pergi. Istighfar aja ngeliatnya ada travel/ orang yang jahat banget kayak gini," tulis cerita yang dibagikan di media sosial, Jumat (1/6/2018).

Foto viral itu, akhirnya sampai di Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Lukman mengatakan tengah menyelidiki siapa biro perjalanan yang memberangkatkan pria tersebut.

"Alhamdulillah ybs sudah tiba di Jakarta sejak 28 Mei yang lalu. Saat ini @Kemenag_RI sedang usut biro travel yang memberangkatkan dan menelantarkan ybs," kata Lukman melalui cuitan di Twitter, Jumat (1/6/2018).

Direktur Bina Umrah dan Haji Kemenag, M. Arfi Hakim seperti dilansir detik mengatakan, pria tersebut sudah kembali ke Indonesia pada Senin (28/5/2018) lalu. Kemenag juga sedang menyelidiki kasus tersebut.

"Jemaah sudah pulang ke Indonesia tanggal 28 Mei kemarin. Sesuai schedule. Dia berangkat 21 Mei dan pulang tanggal 28 Mei. Bapak itu asalnya dari Lombok, NTB," ujar Arfi, Jumat (1/6/2018). (rakyatku)